Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Andi Malarangeng mengatakan, pemerintah akan menunjuk kota Malang sebagai tempat untuk membahas anjloknya prestasi sepak bola nasional. Pertemuan di Malang akan dibungkus sebagai pertemuan nasional yang melibatkan stakeholder sepak bola.

“Pertemuan itu melibatkan PSSI, KONI, pemerintah daerah seperti gubernur, pengamat bola, dan akademisi,” kata Andi kepada VIVAnews, Senin 1 Februari 2010.

Andi menambahkan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sendiri yang akan membuka pertemuan itu.”Apalagi sekarang momennya menjelang Piala Dunia,” jelasnya.

Untuk kepastian waktunya, Andi belum bisa menyebutkan. Pasalnya, saat ini sedang digagas dan dirumuskan dengan pihak penyelenggara.

Menurutnya, awal dibentuknya pertemuan itu karena presiden prihatin atas prestasi sepak bola Indonesia. Presiden, menurut Andi, merasa perlu membicarakan persoalan sepak bola dengan pihak-pihak terkait.

Kegelisahan presiden itu bermula saat trofi Piala Dunia singgah di Kantor Presiden 25 Januari 2010 lalu. Presiden sempat mengangkat trofi tersebut.

Presiden keesokan harinya menggelar rapat terbatas di atas Kereta Api saat menuju Cirebon untuk meresmikan Tol Kanji-Pejagan.

Dalam rapat di atas kereta itu hadir pula Menkes Endang Rahayu Setyaningsih, Menpora Andi Mallarangeng, Menhub Fredy Numberi, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, Menko Kesra Agung Laksono, Menteri BUMN Mustafa Abubakar, Mensesneg Sudi Silalahi dan Mendagri Gamawan Fauzi. [irvan beka, muhammad hasits/vivanews]
[ad#twitter]