Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) akan mengapresiasi pernyataan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terkait perkembangan sepak bola Indonesia.
Sekretaris Jendral (sekjen) PSSI Nugraha Besoes di Jakarta, Selasa mengatakan, pernyatan presiden tersebut merupakan suatu penghargaan dan dorongan yang mempunyai nilai yang sangat tinggi.
“Ini adalah suatu bentuk penghargaan bagi kami. Meski Presiden sibuk tapi perhatian terhadap sepak bola tetap tinggi,” katanya saat dikonfirmasi.
Presiden SBY dalam salah satu pernyataan menyatakan bahwa sebaiknya tim nasional (timnas) dibentuk di tiga tempat yaitu bagian barat, tengah dan timur.

Menurut dia, pernyataan presiden selain sebagai penghargaan dan dorongan juga sebagai cambuk guna meningkatkan prestasi persepakbolaan Indonesia.

“Pernyataan presiden akan menjadi tantangan bagi PSSI untuk bekerja lebih baik,” katanya menambahkan.

Ia menjelaskan, guna merespon pernyataan presiden terkait perkembangan sepak bola, pihaknya akan melakukan pertemuan internal terutama dengan panitia kongres PSSI.

“Kita akan membicarakan dengan panitia kongres selain membahas hal-hal berkaitan dengan sepak bola Indonesia,” katanya menjelaskan.

Prestasi sepak bola Indonesia saat ini terus mengalami penurunan. Setelah gagal dibabak penyisihan SEA Games Laos lalu (U-23), timnas seniorpun gagal maju ke babak final Piala Asia 2011.

Kondisi ini membuat prihatin semua kalangan termasuk presiden. Meski demikian Indonesia tetap bertekat mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022. [antara]

[ad#twitter]