Zurich – September mendatang trofi Piala Dunia memulai perjalanan keliling dunia. 86 negara, termasuk Indonesia, akan disinggahi. Dijadwalkan trofi akan singgah di Jakarta Januari 2010.

Perjalanan keliling dunia ini merupakan kerjasama antara badan sepakbola dunia FIFA dan perusahaan minuman ringan Coca Cola. Perjalanan dijadwalkan dimulai pada 21 September 2009 di Zurich, Swiss, yang merupakan kantor pusat FIFA dan berakhir di Afrika Selatan pada 4 Mei 2010.

Trofi dijadwalkan singgah di Indonesia, yakni di Jakarta pada 26 Januari 2010.

Selain berfoto dengan trofi Piala Dunia, para penggemar juga bisa menyaksikan film-film seputar Piala Dunia dalam bentuk tiga dimensi, dan juga menikmati berbagai hiburan lainnya.

“Tahun ini, tur trofi Piala Dunia lebih baik dan menempuh jarak lebih besar dibandingkan sebelumnya,” demikian keterangan pers Coca Cola, seperti dikutip dari situs resmi perusahaan tersebut.

“Tur trofi tahun 2006 sukses besar dan kami berharap bahwa lebih banyak lagi penggemar yang bisa menyaksikan acara ini dan lebih dekat dengan trofi asli. Secara khusus kami ingin membawa trofi ini ke lebih banyak negara di Afrika.”

Pada tahun 2006, tur trofi Piala Dunia menyinggahi 29 negara, menempuh jarak sejauh 102.570 kilometer. Kali ini akan menyinggahi 86 negara dan menempuh jarak 134.017 kilometer.
( nar / nar ) [ad#twitter]