Selamat Tahun Baru!

Klub-klub Eropa meramaikan Tahun Baru dengan harapan baru pula. Salah satunya adalah melakukan pembenahan kekuatan tim. Pergantian tahun merupakan akhir dari paruh musim sebagian besar kompetisi di Eropa. Posisi klasemen yang mereka tempati saat ini merupakan proyeksi akhir musim nanti. Tak heran, manajemen klub yang kecewa dengan penampilan mereka pada paruh musim merombak besar-besaran skuad tim.

Lihat saja Manchester City. Musim 2008/09, City menggelontorkan €55,5 juta untuk membeli sederetan pemain anyar, di antaranya Wayne Bridge, Craig Bellamy, Nigel de Jong, dan Shay Given. Berada di urutan kedua adalah Tottenham Hotspur, yang terancam zona merah saat paruh musim, dengan mengucurkan €49,2 juta.

Untuk ukuran pengeluaran, Liga Primer Inggris menjadi kompetisi paling boros di Eropa. Musim lalu, klub-klub Liga Primer menghabiskan €187,27 juta untuk menyusun kekuatan tim. Jumlah tersebut bahkan tidak tertandingi akumulasi belanja empat liga besar Eropa lainnya (lihat tabel). Primera Liga Spanyol hanya sanggup menandingi dengan belanja sebesar €56 juta, itupun sebagian besar “disumbangkan” Real Madrid.

Lalu, kira-kira siapa yang akan pindah Tahun Baru ini? GOAL.com Indonesia menyusun beberapa nama besar yang kemungkinan akan berganti seragam ketika paruh kedua musim dimulai.

Jangan remehkan arus transfer dari Amerika Selatan karena kompetisi di sana sudah selesai sehingga banyak pemain bebas kontrak. Tahun 2010 juga merupakan tahun penyelenggaraan Piala Dunia. Wajar jika banyak pemain bereputasi hebat kasak-kusuk mencari klub baru agar mendapat kesempatan lebih besar berlaga di turnamen sepakbola terbesar sejagat itu.

Harapkan pula transfer kejutan dari tim royal macam Manchester City. Tak terbayangkan, bisa saja pemain kesayangan Anda merapat dan bergabung ke armada City…

Edin Dzeko (Vfl Wolfsburg)
Klub peminat: Manchester United, AC Milan
Analisis: Sepertinya sulit menyaksikan terwujudnya transfer Dzeko awal tahun ini. Striker internasional Bosnia-Herzegovina ini lebih mungkin pindah klub pada akhir musim. Apalagi, Wolfsburg masih berkutat di papan tengah klasemen Bundesliga.
Peluang pindah: 20%

Ryan Babel (Liverpool)
Klub peminat: Bayern Muenchen
Analisis: Aneh. Kerap dijadikan penghangat bangku cadangan, tapi Rafael Benitez enggan melepasnya ke klub lain. Jika ingin membela Belanda di Piala Dunia, Babel harus bermain lebih sering.
Peluang pindah: 50%
[ad#twitter]

Klaas-Jan Huntelaar (AC Milan)
Klub peminat: FC Twente, Tottenham Hotspur, Arsenal, Manchester United
Analisis: Hebat, tapi disia-siakan Leonardo. Huntelaar butuh lebih banyak kesempatan bermain untuk membuktikan kemampuan diri. Tapi, Milan tampaknya memilih mencari solusi eksternal. Jika Milan gagal mendapatkan striker baru, boleh jadi Huntelaar dipertahankan.
Peluang pindah: 70%

Rafael van der Vaart (Real Madrid)
Klub peminat: Hamburg SV, Ajax Amsterdam
Analisis: Lebih sering bermain saat Kaka cedera. Ada dua skenario yang bisa terjadi pada paruh kedua musim: kepala Manuel Pellegrini pusing harus memilih sederetan pemain di lini tengahnya atau Van der Vaart harus menanti giliran pemain lain tertimpa cedera seperti Cristiano Ronaldo, misalnya. Atau lebih baik Van der Vaart mencari klub baru?
Peluang pindah: 40%

Sergio Aguero (Atletico Madrid)
Klub peminat: Chelsea
Analisis: Rumor transfer Aguero sudah berhembus kencang sejak awal musim. Kabar tak terduga muncul ketika Atletico siap melepas Aguero kepada penawar tertinggi. Mungkin akibat penampilan menurun sang pemain, mungkin pula karena Atletico nyaris mendapatkan Eduardo Salvio sebagai pengganti, atau mungkin juga karena Atletico butuh dana segar…
Peluang pindah: 40%

Yaya Toure (Barcelona)
Klub peminat: Manchester City
Analisis: Situasi Yaya saat ini hampir sama persis seperti Samuel Eto’o tahun lalu. Tampil tidak mengecewakan, tapi Barcelona ogah-ogahan mempertahankannya. Jika masih ingin diperkuat Yaya, Barcelona mesti mengandalkan kemampuan diplomasi Pep Guardiola. Padahal, Guardiola sendiri belum meneken perpanjangan kontrak…
Peluang pindah: 60%

Roman Pavlyuchenko (Tottenham Hotspur)
Klub peminat: Spartak Moskwa
Analisis: Pavlyuchenko tak punya kepentingan bermain di Piala Dunia seiring kegagalan Rusia di babak play-off. Tapi, keberadaannya di White Hart Lane seperti tak pernah dianggap Harry Redknapp. Sang manajer pun tak keberatan mencairkan Pavlyuchenko demi menangguk dana mencari kiper pelapis timnya.
Peluang pindah: 70%

Cristian Ledesma (Lazio)
Klub peminat: Juventus, Napoli
Analisis: Apa enaknya dibekukan klub sendiri? Tanya saja Ledesma, gelandang andalan yang jadi pecundang musim ini. Jika Anda berada di posisinya, lebih baik mencari pembuktian diri di tempat lain.
Peluang pindah: 75%

Eduardo Salvio (Lanus)
Klub peminat: Atletico Madrid, Juventus, Napoli, Fiorentina
Analisis: Waktu yang tepat bagi Salvio untuk menantang Eropa karena liga Argentina sudah rampung, meski usianya masih muda. Banyak klub membuka pintu untuknya. Kini tinggal kelihaian Salvio mengintip peluang yang lebih menjanjikan masa depan.
Peluang pindah: 75%

Ivan Cordoba (Inter Milan)
Klub peminat: Manchester City
Analisis: Karakter permainannya tak disukai Jose Mourinho, sehingga Cordoba meminta agar Roberto Mancini mengajaknya ke Eastlands. Kebetulan pula salah satu fokus Mancini adalah membenahi pertahanan tim barunya. Kenyataan City tak segan menghamburkan dana demi pembenahan tim menguatkan spekulasi transfer.
Peluang pindah: 75%

Guti Hernandez (Real Madrid)
Klub peminat: Galatasaray, Besiktas
Analisis: Di senja karirnya, Guti dihadapkan pada periode sulit. Pellegrini tak banyak memberikan kesempatan kepada dirinya. Rayuan bergabung datang dari Turki dan Inggris. Bahkan, kabarnya Guti sudah bersiap dengan belajar bahasa Inggris. Kini, kesetiaan Guti kepada Madrid diuji.
Peluang pindah: 50%

[ad#twitter]