Latihan Kiper

Latihan Kiper

Tim nasional (timnas) Indonesia berada dalam kondisi bahaya jelang menjamu Oman. Pasukan Garuda -julukan timnas Indonesia- mengalami krisis kiper jelang menghadapi pertandingan lanjutan Pra-Piala Asia 2011 grup B pada 6 Januari mendatang di Jakarta tersebut.

Hingga latihan hari kedua kemarin (28/12), baru Ferry Rontinsulu (Sriwijaya FC Palembang) penjaga gawang yang hadir. Sedangkan dua kiper lainnya yang juga dipanggil, Markus Haris Maulana (Arema Malang) dan Ahmad Kurniawan (Semen Padang), belum menampakkan batang hidungnya dalam latihan.

Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Rahim Soekasah menyatakan bahwa Markus sakit. Sedangkan AK, sapaan karib Ahmad Kurniawan, diakuinya, kemungkinan besar tidak bisa bergabung. Sebab, AK masih harus membela Semen Padang dalam lanjutan Liga Indonesia Divisi Utama 2009-2010 pada 4 Januari.

“Dia (AK) seperti sulit datang. Semen Padang sedang kekurangan kiper karena kiper pelapisnya cedera,” jelas Rahim di sela latihan timnas di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, kemarin sore.

Informasi tentang sakitnya Markus dibenarkan dokter timnas Zaini Saragih. “Markus mengalami demam. Saat ini dia sedang dalam perawatan. Semoga saja dia cepat sembuh dan pulih sebelum pertandingan,” terang Zaini.

Dengan kondisi tersebut, tentu timnas terjepit dalam situasi sulit. Apalagi, di luar tiga kiper yang telah dipanggil, Merah Putih hanya memiliki dua nama lain yang turut didaftarkan ke AFC (Federasi Sepak Bola Asia) dalam Pra-Piala Asia 2011. Dua kiper tersebut adalah Dian Agus Prasetyo (Pelita Jaya Jawa Barat) dan M. Yasir (Persija Jakarta).

Nah, di antara dua nama itu, Dian sudah pasti tidak bisa bergabung. Kiper asal Ponorogo, Jawa Timur, tersebut sedang dibelit cedera. Jadi, jika Markus tidak kunjung pulih dan AK benar-benar tak bisa bergabung, timnas hanya dapat mengandalkan Ferry dan Yasir.

“Situasinya memang cukup sulit. Kami akan berusaha mendaftarkan kiper baru. Semoga AFC bisa menerima. Sebab, kami kan baru mendaftarkan sekitar 40 pemain,” ujar Rahim.

Untuk Pra-Piala Asia 2011, setiap negara memang diperkenankan mendaftarkan 50 pemain. Indonesia sendiri baru mendaftarkan 45 pemain. “Kami akan segera putuskan siapa kiper yang akan didaftarkan jika AFC benar-benar memperbolehkan kami mendaftarkan pemain tambahan,” ucap Rahim.

Kalau harus mendaftarkan kiper baru, siapa yang akan dipilih? “Kalau harus memilih kiper baru, tentu saya memilih yang berpengalaman. Salah satunya adalah Jendri Pitoy (kiper Persipura Jayapura, Red),” tegas Sudarno, pelatih kiper timnas.

Namun, Sudarno berharap, kondisi segera kondusif. Artinya, Markus segera pulih sehingga timnas tidak terlalu repot dengan situasi yang ada. “Masih ada waktu yang cukup bagi kami untuk mempersiapkan diri. Semoga saja kondisinya (Markus) segera membaik,” tutur Sudarno. [fim/diq/jawapos]
[ad#twitter]