Panitia pelaksana (panpel) telah menyiapkan tiket sekitar 46.000 menjelang laga tim nasional (timnas) Indonesia kontra Oman dalam lanjutan Pra-Piala Asia (PPA) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), 6 Januari mendatang.

“Kami sudah menyiapkan 46.000 tiket,” kata Ketua Panpel Joko Driyono di Jakarta kemarin. Joko mengatakan, tiket tersebut akan mengisi seluruh tribune bawah SUGBK. Adapun total kapasitas stadion termegah di Indonesia tersebut mencapai sekitar 85.000 penonton. ”Dalam pertandingan kali ini kami hanya gunakan tribune bawah,” kata Joko, tanpa menyebutkan alasan pemakaian sebagian stadion tersebut.

Laga tim Merah Putih kontra Panitia Pelaksana Siapkan 46.000 Tiket Oman diperkirakan lebih ramai dibandingkan saat timnas menjajal Kuwait beberapa waktu lalu. Meski peluang lolos ke putaran final cukup berat, pertandingan tersebut akan menentukan gengsi Charis Yulianto dkk di depan publiknya sendiri.“Spirit membuka peluang masih cukup lebar. Untuk mengantisipasi animo itu kami lakukan persiapan, salah satunya penyediaan tiket,” kata Joko.

Selain mengantisipasi pendukung tuan rumah, panpel juga akan mempersiapkan pendukung Oman. Dalam laga nanti mereka akan ditempatkan di area kuning berkapasitas 700 penonton yang letaknya tepat di bawah VIP SUGBK. “Rencananya pada 31 Desember, kami akan ke kedutaan Oman di Indonesia untuk membicarakan persoalan kedatangan ofisial sekaligus pendukungnya,” kata Joko.

Untuk masalah keamanan, panpel telah menyiapkan sekitar 600–800 aparat keamanan untuk menyukseskan jalannya bentrok tim Merah Putih melawan juara Piala Teluk 2009 itu. Panpel menjamin aksi lempar pendukung Indonesia saat bentrok Kuwait beberapa waktu lalu di SUGBK tidak akan terjadi kembali. “Itu luapan emosi penonton, yang penting tidak boleh anarkis,” kata Joko.

Menurut Joko, timnas Oman akan tiba di Indonesia pada 4 Januari mendatang. Namun, sebagian ofisial tim akan tiba pada 1 Januari. Mereka akan menginap di Hotel The Sultan,Jakarta. Sementara tim Merah Putih menginap di Hotel JW Marriott. Saat ini Oman tengah melakukan uji coba kontra timas Singapura.

Selanjutnya, mereka juga akan menjajal Singapura Selection, Kamis (31/12). Untuk mengetahui kekuatan lawan, Pelatih Benny “Bendol” Dollo turut terbang ke Singapura untuk mengintip kekuatan lawan. Sementara tim Merah Putih direncanakan melakukan uji coba kontra Afrika Selection, Kamis (31/12). [whisnu bagus/sindo]

[ad#twitter]