Oleh: Mauricio Zbinden

Sepakbola indonesia

Mauricio Zbinden Pakar Sepakbola Djarum Super menggambarkan kondisi sepakbola di Indonesia melalui pengamatannya. Mauricio selanjutnya akan terus menulis artikel di Djarum Super Soccer.

Sepak bola Indonesia punya potensi yang besar dengan jumlah penduduk lebih dari 200 juta jiwa. Sepak bola Indonesia akan berkembang bila dikelola dengan baik dan benar. Ini adalah peran dan tangungjawab pelatih dan manajer klub. Menurut saya terkadang ada berapa hal yang dilupakan saat akan mebentuk tim untuk kompetisi yang akan datang.

Kebanyakan selalu ingin yang cepat dan instan. Menurut saya itu salah besar. Antara manajer dan pelatih harus kerja sama, komunikasi antara dua pihak ini sangat penting untuk menjalankan satu musim kompetisi dengan prestasi yang bagus.

Tapi bila mau mencapai satu prestasi yang bagus harus ada target dan bagian dari target ini ada tanggung jawab pelatih. Pelatih bertanggungjawab atas kerja tim itu sendiri mulai dari asisten pelatih, pelatih fisik, mereka harus punya tujuan yang sama.Baru setelah sudah adah target dan pelatih sudah memiliki tim kerja yang solid, bisa mengambil langka yang lain.

Materi pemain yang dibutuhkan oleh tim mulai dari penilaian atau evaluasi pemain dari kompetisi sebelumnya. Pemain yang tidak dperlukan bisa dilepas dan cari pemain lokal dan asing yang pantas menurut kriteria pelatih, dan tentu cocok dengan anggaran dari klub.

Tapi kadang-kadang pelatih susah melihat sifat dari pemain, dan ini juga satu aspek yang perlu dinilai dari seorang pemain. Karena suasana di dalam tim dan kerja sama antara pemain sangat penting. Pelatih dan manejer tim akan memiliki satu klub yang solid bila hal ini dilakukan.

Buat saya satu contoh yang bagus adalah sukses Barcelona. Ya, pasti semua orang berpikir, kalo Barcelona punya pemain yang mahal dan bagus, selain itu kompetisi Liga Spanyol adalah salah satu yang terbaik dunia. Saya setuju dengan orang yang memiliki pikiran seperti itu.

Tapi yang saya mau lihat adalah peran dari pelatih sebagai mantan pemain dan memiliki pengalaman yang mungkin belum pantas untuk menjadi pelatih kepala. Tapi dia mampu membawa Barcelona dengan baik.

Menurut saya, pelatih Barca selain fokus dengan masalah persiapan, strategi, fisik dan kerja keras, dia juga fokus pada kerja sama dan kekompakan tim. Itu membuat suasana di dalam tim sangat percaya diri dan bisa dilihat dari hasil pertandingan dan kompetisi musim lalu dengan treble winner.

Jelas yang harus dicari oleh pelatih adalah pemain yang bagus dan profesional dengan karakter dan sifat yang baik. Bagi saya, ini satu contoh yang harus diikuti karena belum tentu pelatih bisa mencapai sukses hanya dengan materi atau nama pemain yang mahal. Sepak bola adalah kerja kelompok di mana harus ada kerja sama,

Memang saat ini satu masalah besar yang dihadapi pelatih dalam persiapan kompetisi yang akan datang adalah anggaran dari pemenrintah daerah untuk tim Super Liga dan Divisi Utama.

Jelas masalah ini akan mengganggu kualitas dari kompetisi nanti begitu juga bagi klub. Untuk belanja pemain diperlukan dana dan biasa pemain yang bagus perlu biaya besar. Artinya, tidak semua klub siap untuk mengikuti kompetisi ini dengan baik.

Yang jelas saat ini sepak bola Indonesia perlu dukungan pemerintah. Indonesia akan berkembang bila dikelola dengan baik dan benar. Sepak bola Indonesia harus punya konsep yang matang mulai dari pembinaan pemain, pelatih, sampai iklim kompestisi. Percayalah kompetisi yang bagus akan melahirkan pemain yang bagus.

Jadi kompetisi yang akan datang, pelatih dan manejer tim memiliki tantangan yang besar untuk membuat satu tim yang pantas dan layak untuk kompetisi ini. Menurut saya, pelatih dan manejer punya tanggungjawab besar untuk masa depan sepak bola Indonesia.