persib vs persija

Persib Bandung akan menghadapi laga berat kontra musuh bebuyutannya Persija Jakarta. Persib terancam tidak bisa menggunakan home base-nya Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung. Pasalnya, muncul kesepakatan di Muspida Kabupaten Bandung bahwa mereka tidak menginzinkan Persib berlaga kontra Persija di wilayah mereka. Alasannya, peluang terjadi kerusuhan jika Persib kalah sangat besar.

Mendengar ada kabar seperti ini, panitia pelaksana (panpel) Persib langsung menggelar rapat mendadak, di kantor PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Rabu sore (23/12/2009). Panpel merumuskan beberapa alternatif jika kabar tersebut benar adanya.

Sekretaris Panpel Budi Bram mengakui adanya kabar tersebut. Namun, hingga kemarin, panpel belum menerima surat tertulis mengenai larangan berlaga Maung Bandung di stadion Si Jalak Harupat pada 9 Januari mendatang. “Kita sudah dengar kabar tersebut, makanya kita langsung rapat. Tapi sampai saat ini kita belum menerima surat resmi, jadi semuanya masih spekulasi,” ungkap Bram.

Bram menjelaskan, panpel sendiri sudah mengantisipasi beberapa kemungkinan. Jika ternyata laga diizinkan di Stadion Si Jalak Harupat tanpa penonton, maka opsi tersebut bisa jadi diambil panpel. Namun, hingga kemarin, Bram mengakui bahwa pihak panpel belum mengambil langkah lebih jauh.

Jika memang Persib benar-benar tidak diizinkan, maka ada tiga alternatif stadion yang akan digunakan saat menjamu Persija. Stadion Gajayana, Malang; Stadion Manahan, Solo dan Stadion Jatidiri, Semarang bisa menjadi pilihan jika Maung Bandung tetap ingin menggelar laga dengan kehadiran Bobotoh. “Tapi sekali lagi, ini semua baru alternatif yang kita siapkan,” kata Bram.

Lebih lanjut Bram menjelaskan, kabar ini tentu akan berdampak pada psikologis para pemain Persib. Sebab, Pangeran Biru sebetulnya tetap ingin berlaga di kandang. Peluang untuk menang di laga kandang memang besar. Apalagi, selama ini Persib masih bisa menjaga tradisi selalu menang di laga kandang.

Belum lagi, jelas Bram, Persib akan mengalami kerugian besar. Pasalnya, pemasukan dari segi tiket dipastikan akan kosong. Padahal, dalam setiap laganya, setidaknya ada 22 ribu Bobotoh yang selalu memadati Stadion Si Jalak Harupat setiap kali Persib menjamu tamunya. [raka zaipul/sindo]
[ad#twitter]