Sea games laos

Sea games laos

Persaingan sangat ketat masih terjadi dalam perebutan empat tempat di babak semifinal kontes sepakbola SEA Games XXV Laos yang Senin (7/12) secara keseluruhan menggelar pertandingan ke-9 dan 10.

Dari penyisihan Grup A, Viatnam sementara menempati posisi teratas diantara lima tim peserta dengan raihan nilai tujuh dari tiga pertandingannya. Juara bertahan Thailand membuntuti di peringkat kedua dengan koleksi nilai empat dari dua pertandingan, disusul Malaysia, nilai tiga dari dua pertandingan, serta Kamboja dan Timor Leste yang sama-sama sudah tidak berpeluang lagi.

Viatnam secara mengejutkan mampu menduduki peringkat pertama setelah sensasinya dengan bermain imbang 1-1 dengan Thailand pada laga pertama, serta kemudian memukul Timor Leste 4-0 (4/12) dan terakhir menghajar Malaysia 3-1, Minggu (6/12) sore di Main Stadium, National Sport Complex, Vientiane.

Thailand baru akan memainkan pertandingan ketiganya dengan menghadapi Timor Leste pada Selasa (8/12) sore di Chao Anou Vong. Tim negeri Gajah Putih ini dipastikan akan meraih tiga nilai penuh untuk memburu posisi pertama yang diduduki Vietnam. Jika Thailand mampu memukul Timor Leste dengan selisih gol yang lebih banyak dibanding kemenangan 4-0 Vietnam, maka tim juara bertahan otomatis akan merebut posisi peringkat pertama yang sekarag ditempati Vietnam.

Kendati demikian, Vietnam sendiri diatas kertas akan menjadi tim pertama yang lolos ke semifinal dari grup A mengingat lawan terakhirnya adalah Kamboja, pada 11 Desember nanti di Chao Anou Vong. Duel antara Thailand dengan Malaysia yang digelar bersamaan waktunya di Main STadium National Sport Complex, akan menjadi penentu siapa diantara Thailand dan Vietnam yang akan menempati posisi pertama dan kedua dari grup A ini.

Tim Malaysia sudah bisa dikatakan pupus peluangnya untuk lolos ke semifinal menyusul kekalahan mereka atas Vietnam, Minggu sore itu. Seandainya pertarungan Vietnam dengan Malaysia ini berakhir imbang, maka persaingan perebutan dua tempat di semifinal dari grup A masih sangat ketat. Praktis pula, duel antara Thailand dengan Malaysia pada 11 Desember itu akan sangat menegangkan, sebab bisa menjadi penentu siapa diantara keduanya yang berhak lolos ke semifinal.

Malaysia memang mengawali langkahnya secara mengesankan dengan memukul Timor Leste 11-0 pada laga pembuka 2 Desember. Namun, tim negeri jiran ini kemudian harus berada diambang kegagalan setelah kekalahan mereka dari Vietnam itu. Kemenangan atas Kamboja pada pertandingan ketiga Selasa (8/12) tetap sulit menaikan peluang mereka, sebab di hari yang sama tim Thailand dipastikan juga akan meraih tiga angka dari kemenangan atas tim terlemah, Timor Leste.

Dari persaingan Grup B, keempat tim peserta yakni Indonesia, Singapura, Myanmar dan tuan rumah Laos masih sama-sama memiliki peluang. Hasil pertandingan lanjutan Grup B yang digelar Senin (7/12) bagaimana pun akan tetap mempengaruhi peluang keempat tim untuk lolos kesemifinal tersebut. Duel Singapura dengan Myanmar dan Indonesia dengan Laos akan digelar di Stadion Chao Anou Vong, Vientiane.(***)
[ad#twitter]