Pro duta

Pro duta

Pro Duta FC resmi diperkenalkan kepada publik DI Yogyakarta di Atrium Plaza Ambarrrukmo, Sleman, DIY, Rabu (2/12). Pro Duta bertekad memberi warna baru dalam dunia sepak bola DIY dengan komitmen mengembangkan pemain-pemain muda potensial.

Acara soft launching itu dihadiri oleh jajaran pengurus, pemain, pelatih, dan pemilik sekaligus manajer Pro Duta Sihar Sitorus. Pesta peluncuran klub sendiri rencananya akan dilakukan 4 Desember nanti sebelum laga Divisi Utama Liga Indonesia 2009-2010 melawan PSIS Semarang di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Sebelumnya, Pro Duta bermarkas di Bandung dan bermain di Divisi I Liga Indonesia. Setelah diakuisisi oleh Sihar, pengusaha kelapa sawit, klub dipindahkan ke Sleman. “DIY dipilih sebagai home base Pro Duta karena atmosfer sepak bola yang kuat dengan masyarakat yang majemuk dan terbuka,” kata Sihar.

Terkait target dalam kompetisi Divisi Utama tahun ini, Sihar tidak menjabarkan secara tegas. “Kami akan berupaya tampil lebih baik dari pertandingan ke pertandingan. Kami percaya pada proses, kalau prosesnya bagus, hasilnya akan mengikuti,” ujarnya.

Pelatih Pro Duta asal Bulgaria Kostadin Angelov mengatakan, ia akan menerapkan filosofi sepak bola yang berbeda dengan tim-tim lain. “Kebanyakan tim lain mengandalkan sepak bola bertarung. Kami akan lebih fokus kepada permainan bolanya,” katanya.

Keseimbangan antara penyerangan dan pertahanan juga akan menjadi perhatian utama membangun tim. Namun, dalam dua pertandingan awalnya, Pro Duta menelan dua kali kekalahan, masing-masing atas Deltras Sidoarjo dan Mitra Kukar.

Pro Duta sebagian besar diisi pemain-pemain muda seperti Eka Santika dan Irvin Museng. Beberapa nama senior juga masuk dalam skuad, seperti Emalue Serge, Komang Mariawan, dan Francis Wewengkang. [eng/msh/kompas]
[ad#twitter]