Persija vs persik

Persija vs persik

Skuad mumpuni yang dimiliki Persija Jakarta dan Persik Kediri memberi garansi laga berkualitas pada lanjutan Liga Super di Stadion Lebak Bulus, Jakarta, malam ini.

Mental tuan rumah Persija sudah teruji dengan membalikkan ketinggalan menjadi kemenangan dramatis 4-3 atas Persebaya Surabaya, 29 November lalu. Kisah heroik itu bakal membakar motivasi Bambang “Bepe” Pamungkas dkk kala menjamu Persik pada laga home kedua mereka musim ini. ”Kami akan kembali memainkan pola menyerang 4-3-3. Apalagi, Persik memiliki karakter yang hampir sama dengan Persebaya,” kata Pelatih Persija Maman Suryaman. Sayangnya, Macan Kemayoran –julukan Persija– tidak bisa menurunkan defender asal Singapura Baihakki bin Khaizan dan bek sayap Ismed Sofyan yang terjerat akumulasi dua kartu kuning.

Selain itu, gelandang Mustafic Fachrudin dan Leo Saputra juga diragukan tampil karena masih dalam tahap pemulihan cedera lutut. Namun, klub Ibu Kota itu tak perlu waswas lantaran memiliki banyak stok pemain berkualitas. Posisi Baihakki sebagai central defender bisa diganti Aris Indarto atau Leonard Tupamahu. Sementara Erik Setiawan dan Hasim Kipuw akan memperebutkan posisi Ismed. ”Kualitas pemain pelapis kami tidak jauh berbeda dengan pemain inti. Seandainya tidak ada pemain cedera atau terkena larangan tampil, kami harus melakukan rotasi karena jeda satu pertandingan dengan pertandingan lain sangat dekat,” lanjut Maman.

Rotasi pemain memang menjadi keniscayaan bagi Persija maupun Persik. Pasalnya, kedua tim hanya memiliki waktu istirahat 3×24 jam setelah melakoni laga sebelumnya. Sama seperti Persija, keringat armada Persik pun belum sepenuhnya kering seusai menyerah 0-1 dari tuan rumah PSPS Pekanbaru tiga hari lalu. Di depan, Macan Kemayoran bakal menurunkan trisula TA Musafri, Aliyudin, dan Bepe untuk mendobrak pertahanan Persik yang digalang OK John dan Gunawan. Sokongan dari Muhammad Ilham, Salim Alydrus, atau Richard Ceceres dari second line bakal mempertajam serangan Persija.

Ancaman Persija bakal makin terasa dengan kemungkinan membeludaknya para suporter Jakmania yang jumlahnya bisa mencapai 30.000 orang. Tentu, ini berisiko menimbulkan masalah karena Stadion Lebak Bulus hanya bisa menampung 20.000 penonton. ”Memang ada kekhawatiran membeludaknya suporter hingga ke ruas jalan raya dan bisa menimbulkan kemacetan lalu lintas. Tapi, kami sudah mengimbau agar Jakmania tetap tertib dan tidak melakukan tindakan anarki,” kata Wakil Ketua Jakmania Larico Ranggamone.

Di pihak lain, Persik tak mau sekadar jadi bahan teror Persija. Tim berjuluk Macan Putih itu pun siap menerkam tuan rumah.Apalagi, Mahyadi Panggabean dkk ditopang sejarah. Dalam empat pertemuan terakhir dengan Persija, Persik tak pernah kalah, meraih dua kemenangan,dan dua imbang. Untuk mengulang sukses tersebut, Pelatih Persik Gusnul Yakin menyiapkan dua gelandang serang Amarildo de Souza dan Mekan Nasirov sebagai penopang duet bomber Patricio Morales dan Saktiawan Sinaga. Sementara Mahyadi dan Jufri Dwi Hadi ditugaskan menyisir sisi sayap pertahanan Macan Kemayoran.

”Persija memiliki pemain-pemain berkualitas bagus di semua lini.Tapi, kami akan bermain normal. Kami optimistis bisa memetik poin penuh atau paling sial mencuri satu poin,”kata Gusnul seusai mencoba lapangan Stadion Lebak Bulus kemarin. [mohamad sahlan/sindo]

[ad#twitter]