Liga Champions Asia

Liga Champions Asia

Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) telah mengumumkan tim-tim yang akan berlaga di Liga Champions Asia (LCA) 2010. Persipura Jayapura menjadi satu-satunya wakil dari Indonesia.

Seperti dilansir situs resmi AFC, Kamis, 26 November 2009, sudah
27 tim yang dinyatakan layak berlaga di LCA 2010. Korea Selatan, Iran, China, dan Arab Saudi sementara menjadi negara dengan wakil terbanyak, yakni 4 tim.

Sebaliknya, Jepang baru meloloskan satu timnya, yakni Kashima Antlers. Sedangkan Indonesia akan diwakili oleh jawara Liga Super Indonesia (ISL) 2008/2009 Persipura Jayapura .

Persaingan di LCA 2010 diprediksi bakal berlangsung ketat. Pasalnya, beberapa tim yang tampil merupakan mantan-mantan jawara LCA.

Pohang Steelers adalah salah satunya. Pohang menjadi tim terakhir dari Korea Selatan yang dinyatakan lolos kualifikasi. Pohang lolos setelah menjadi runner up K-League.

Pohang merupakan tim yang sudah beberapa kali tampil sebagai juara di LCA. Terakhir, tim Negeri Ginseng itu menyabet gelar juara LCA 2009 dengan mengalahkan wakil Arab Saudi, Al-Ittihad 2-1.

Selain Pohang, jawara lainnya adalah Jeonbuk Motors. Jeonbuk merupakan jawara LCA 2006. Sedangkan Al Ittihad sendiri pernah merebut gelar juara pada tahun 2004.

Jika wakil Jepang, Gamba Osaka dan Urawa Reds lolos kualifikasi, LCA kali bahkan akan mempertemukan para jawara mulai 2002/2003 hingga sekarang. Gamba merupakan jawara LCA 2008 sedangkan Urawa jawara tahun sebelumnya. Sayang keduanya kini masih terseok-seok di Liga Jepang.

“Kami sangat puas melihat banyak tim-tim kuat yang tampil pada LCA kali ini,” kata Tokuaki Suzuki, direktur kompetisi.

“Meski ada mantan juara yang masih di luar, masih ada tim-tim yang kuat dan saya berharap LCA 2010 akan sangat menarik,” pungkasnya.

LCA 2010 rencananya akan diikuti oleh 32 tim. Sebanyak 30 diantaranya dipilih berdasarkan hasil dicapai pada liga di masing-masing negara. Sedangkan dua lainnya berasal dari play-off di Asia Timur dan Asia Barat. Drawing akan dilakukan 7 Desember 2009.

Tim yang Lolos ke LCA 2010
Jepang
Kashima Antlers

Korea Selatan
Jeonbuk Motors (Juara K-league 1st)
Suwon Bluewings (Pemenang Knock-out)
Pohang Steelers (Runner Up K-League)
Seongnam Ilhwa (Peringkat III K-League)

China
Beijing Guoan (Juara Liga)
Changchun Yatai (Runner up)
Henan Jian Ye (Peringkat III)
Shandong Luneng (Peringkat IV)

Iran
Esteghlal (Juara Liga )
Zob Ahan (Pemenang knock-out cup)
Mes Kerman (Peringkat III Liga)
Sepahan (Peringkat IV Liga)

Arab Saudi
Al Ittihad (Juara Liga)
Al Shabab (Pemenang knock-out)
Al Hilal (Runner Up)
Al Ahli (Peringkat III)

Uni Emirat Arab
Al Ahli (Juara Liga)
Al Ain (Babak knock-out)
Al Jazira (Runner Up Liga)

Australia
Melbourne Victory (Juara Liga)
Adelaide United (Runner Up)

Uzbekistan
Bunyodkor (Juara Liga)
Pakhtakor (Pemenang knock-out)

Indonesia
Persipura Jaya (Juara Liga)

Qatar
Al Gharafa (Juara Liga)
Al Sadd (Runner Up)

[marco tampubolon/vivanews]



[ad#twitter]