Champions league

Champions league

Delapan tiket lolos ke babak 16 besar Liga Champions kini sudah ada pemiliknya. Tapi masih ada delapan tiket lagi yang belum ada pemiliknya.

Seperti diketahui, akan ada 16 kontestan yang akan bersaing di babak delapan besar, di mana dua kontestan diambil dari delapan grup di sesi kualifikasi. Mereka yang berhak lolos adalah juara grup dan runner up dalam sistem kompetisi penuh.

Ada pun tim yang menghuni tempat ketiga akan mendapat hak tampil di Liga Europa, sementara penghuni peringkat keempat sepenuhnya tersingkir dari kompetisi antarklub Eropa.

Saat ini, sudah ada delapan tim yang memastikan diri melangkah ke perdelapan-final, yakni Girondins Bordeaux, Manchester United, Chelsea, Porto, Olympiqeu Lyon, Sevilla, Fiorentina dan Arsenal.

Lalu, siapa delapan tim berikutnya?

GRUP A
Bordeaux sudah memastikan lolos, jadi satu tempat lagi akan diperebutkan Juventus dan Bayern Muenchen. Kebetulan, kedua tim akan langsung berhadapan satu sama lain di Olimpico Turin.

Pemenang laga ini akan lolos ke perdelapan-final, sementara yang kalah akan ambil bagian di Liga Europa. Jika laga berahir seri, Juventus akan mendapat hak untuk satu tiket itu, mengingat perolehan poin mereka saat ini jauh lebih baik dari Bayern.

GRUP B
Manchester United sudah lolos dan satu tiket lain akan diperebutkan CSKA Moskwa dan VfL Wolfsburg. Kedua tim akan menjalani laga mereka masing-masing di matchday terakhir dua minggu lagi.

Wolfsburg untuk saat ini memiliki keunggulan head-to-head dari CSKA, sehingga mereka hanya butuh kemenangan atas United untuk bisa melangkah ke babak 16 besar. Sementara CSKA, selain butuh kemenangan atas Besiktas untuk lolos, mereka juga harus berharap Wolfsburg gagal meraih poin penuh.

GRUP C
Belum ada satu pun tim yang lolos dari grup ini. Real Madrid, Milan dan Olympique Marseille memiliki peluang yang kurang lebih sama.
[ad#twitter]
Real Madrid hanya butuh hasil seri saat menghadapi Marseille untuk bisa melangkah ke fase knock out. Dan bila hasil ini diraih, Marseille harus puas melanjutkan petualangan mereka di kompetisi antarklub Eropa di Liga Europa.

Milan butuh kemenangan, atau hanya hasil seri jika Marseille gagal meraih poin penuh, untuk lolos ke fase gugur.

GRUP D
Chelsea dan Porto sudah memastikan diri menjadi kontestan babak delapan besar, dengan Chelsea sebagai juara grup dan Porto sebagai runner up. Atletico Madrid dan APOEL Nicosia akan bersaing untuk satu tempat di Liga Europa.

GRUP E
Fiorentina dan Olympique Lyon juga sudah lolos ke fase gugur. Bagi kedua tim, matchday terakhir hanya akan menjadi penegas dan untuk mengetahui siapa yang terbaik dan berhak menjadi juara grup E. Liverpool akan berlaga di Liga Europa musim ini.

GRUP F
Tak ada satu pun tim yang lolos ke babak selanjutnya dari grup ini. Barcelona memiliki peluang paling terbuka untuk lolos, karena mereka hanya butuh hasil seri saat menghadapi Dynamo Kiev. Klub Rusia itu sendiri butuh kemenangan, dan berharap Inter dan Rubin Kazan menuntaskan laga dengan hasil seri, untuk bisa lolos.

Inter dan Rubin Kazan sendiri akan saling berhadapan satu sama lain. Pemenang laga ini akan berhak meraih tiket ke fase gugur.

GRUP G
Sevilla masih menunggu satu tim lagi untuk diajaknya melangkah ke fase gugur. Unirea Urziceni memiliki kesempatan terbesar karena mereka hanya butuh hasil seri untuk lolos saat menghadapi VfB Stuttgart di laga terakhir.

Sementara VfB Stuttgart butuh kemenangan untuk bisa mendampingi Sevilla. Namun jika pun gagal memenuhi misi itu, Stuttgart masih akan berkompetisi di Eropa lewat jalur Liga Europa.

GRUP H
Arsenal sudah lolos ke fase gugur dengan menjadi juara grup. Runner up-nya adalah antara Olympiakos dan Standar Liege.

Olympiakos hanya harus menghindari kekalahan untuk bisa mengamankan tempat kedua. Jika pun kalah, Olympiakos harus berharap Standard Liege gagal menang atas AZ Alkmaar.

Sementara Standard harus menang dan berharap Olympiakos tersungkur. Tapi jika tak mampu menang dan hanya menuai hasil seri, Standard Liege boleh berlaga di Liga Europa. Tapi jika kalah, satu tiket Liga Europa akan menjadi milik AZ.
[ad#twitter]