The reds

The reds

Terseok di Liga Inggris, Liverpool terancam out dari Liga Champions di tengah pekan ini. Malangnya, buruk atau baik nasib yang akan didapat The Reds ditentukan oleh tim lain.

Cuma empat poin berhasil dikumpulkan Liverpool dalam empat pertandingan di fase grup Liga Champions. Meraih kemenangan kandang atas Debrecen, Steven Gerrard cs kemudian takluk saat melawat ke Fiorentina dan dipermalukan Lyon di kandang sendiri, sebelum bermain imbang saat gantian melawat ke Prancis.

Dengan hasil tersebut, The Kop terpuruk di posisi tiga klasemen Grup E dengan nilai empat. Yang kemudian membuat khawatir adalah selisihnya dengan Lyon dan Fiorentina di posisi satu dan dua: Les Gones punya poin 10 sementara La Viola mengumpulkan nilai sembilan.

Dengan hanya dua pertandingan tersisa, termasuk tengah pekan ini, Liverpool harus siap-siap tersingkir jika gagal membawa pulang hasil maksimal dari lawatan ke Debrecen. Ironisnya hasil tersebut akan tak cukup menyelamatkan Steven Gerrard dkk andai di Artemio Franchi, Fiorentina bisa menundukkan Lyon.

Dengan skenario kemenangan La Viola, maka Alberto Gilardino dkk akan memuncaki klasemen dengan poin 12 dan diikuti Lyon yang bernilai 10 sementara Liverpool dapat tujuh angka (dengan asumsi menang). Karena Les Gones sudah lebih dulu memastikan lolos, maka laga terakhir Liverpool kontra Fiorentina sudah tak menentukan apapun lagi.

Tersingkir dari kompetisi papan atas Eropa jelas jadi mimpi buruk tambahan buat Liverpudlian yang sudah dipaksa melihat tim kesayangannya carut marut di Liga Inggris. Apalagi anak asuh Rafael benitez sebelumnya juga sudah tersingkir dari Piala Carling.

Jika akhirnya tersingkir di fase grup, ini menjadi catatan terburuk Liverpool sejak musim 2002/2003. Saat itu Liverpool kalah bersaing dengan Valencia dan Basel, yang jadi juara dan runner up, setelah cuma meraih dua kemenangan, dua hasil imbang dan dua kali kalah.

Buat Rafael Benitez kegagalan lolos ke fase grup akan menjadi musim Liga Champions terburuknya. Sejak datang ke Anfield di tahun 2004 dia berturut-turut mengantar Liverpool menjadi juara, lolos ke babak 16 besar, finalis, semifinalis dan perempatfinalis di musim lalu.

Jadi, apa takdirmu The Reds?
[ad#twitter]