ISL U21

ISL U21

PT Liga Indonesia untuk kedua kalinya kembali menghelat Indonesian Super League (ISL) U-21. Diikuti 18 tim yang dibagi ke dalam tiga grup, kompetisi ini akan mulai digelar pada akhir bulan ini, tepatnya 29 November 2009.

Di musim lalu PT Liga sudah menyelenggarakan kompetisi serupa untuk pertama kalinya, dengan Pelita Jaya sebagai juara, Persita Tangerang menjadi runner-up dan Persib Bandung di urutan ketiga.

Untuk meningkatkan kualitas kompetisi tahun ini, liga akan membuat terobosan baru dalam penyelenggaraan ISL U-21. Turnamen akan dibuka dengan babak pendahuluan dan babak enam besar, lalu semifinal dan final.Peserta turnamen ini adalah 18 klub peserta ISL tingkat senior, yang akan dibagi ke dalam tiga grup. Tim-tim yang masuk enam besar adalah dua tim terbaik dari setiap grup.

“Putaran pertama akan berlangsung sampai 20 Januari 2010. Rencananya putaran II akan berlangsung akhir Januari mendatang,” ujar CEO PT Liga, Joko Driyono, dalam jumpa pers di Twin Plaza Hotel, Jakarta, Kamis (19/11/2009) siang WIB.

Jadwal tim-tim U-21 yang bertanding akan mengikuti jadwal tim seniornya. Sebagai contoh, bila Persija menghadapi Persibdi Stadion GBK, Jakarta , maka tim U-21 Persija akan bertanding di hari yang sama tapi dengan lawan yang berbeda. Waktu laganya adalah sebelum atau sesudah tim seniornya bertanding.

Djoko menjelaskan bahwa hal ini tak lepas dari aspek promosi dari ISL U-21. Sponsor yang mendukung tim senior, secara langsung akan menyokong juga tim U-21nya. Satu hal lagi yang unik dari tim U- 21 adalah diperbolehkannya mereka memperkuat pasukan senior.

“Pemain U-21 valid untuk bermain di tim senior. Kalau sehabis membela U-21 kemudian pemain tersebut dimainkan juga dalam pertandingan seniornya, itu dipersilakan. Namun jumlahnya dibatasi hanya lima orang saja. Secara fisik pun pemain U-21 dan senior tidak berbeda jauh,” urai Joko.

ISL U-21 akan memperebutkan hadiah sebesar Rp 150 juta untuk tempat pertama, Rp 75 juta dan Rp 50 juta untuk tempat kedua dan ketiga. Untuk pemain terbaik PT Liga tengah menjajaki hadiah secara personal, yaitu tur ke Eropa atau Amerika Serikat.

Pembagian Grup ISL U-21

Grup 1
Sriwijaya
PSPS Pekan Baru
Persija Jakarta
Persita Tangerang
Pelita Jaya
Persib Bandung

Grup 2
Persijap Jepara
Persik Kediri
Arema Malang
Persema Malang
Persela Lamongan
Persebaya Surabaya

Grup 3
Bontang FC
Persiba Balikpapan
Persisam Samarinda
PSM Makassar
Persiwa Wamena
Persipura Jayapura ( mrp / a2s )