GARUDA MUDA TAK BERDAYA
Pelatih Timnas U-19 Cesar Payovich menyatakan permohonan maaf atas hasil buruk yang dialami Indonesia dalam dua laga awal AFC U19 Championship 2010 Qualifiers Group F. Ia meminta kepada semua pihak agar tidak meyalahkan pemain atas hasil ini.

“ Sayalah yang bertanggung jawab atas kekalahan telak dari Jepang ini. Tim lawan memang sangat excellent. Tapi tolong jangan meyalahkan pemain. Mereka masih dalam proses menjadi pemain yang bagus di masa dating,” kata Cesar Payovich dalam jumpa pers usai laga Indonesia vs Jepang, Senin (9/11) di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung.
[ad#kumpulblogger]
[ad#468]
Cesar menambahkan, para pemain timnas U-19 Indonesia memang bermain di dalam kelompok usia yang di atasnya. Pemain Jepang memiliki usia hamper 19 tahun. Sama seperti Singapura, menurut Cesar, pemain Jepang sudah hampir jadi pemain professional.

“ Selain itu, mereka sudah memiliki pengalaman internasional yang tinggi. Sedangkan Alan Martha dkk sangat minim jam terbang internasional. Setelah berkompetisi di Uruguay, tak sekalipun mereka melakoni uji coba internasional,” ungkap Cesar.

Karena minim uji coba itulah, Cesar menilai pemainnya sering kehilangan konsentrasi di lapangan. Proses gol Jepang yang bersarang ke gawang Indonesia juga lebih karena pemain yang kehilangan konsentrasi.

Cesar juga meminta pengertian kepada seluruh fans timnas Indonesia. Program pelatihan pemain di Uruguay ini masih dalam proses. Butuh waktu untuk mencetak pemain dan tim yang memiliki kualitas high level. Potensi untuk menjadi lebih baik sebenarnya ada pada diri Syamsir Alam dkk.