Persisam Samrinda akhirnya bisa membuktikan dirinya dalam derby panas melawan Persiba Balikpapan yang berlangsung di Stadion Palaran, Minggu (8/11/2009) malam. Persisam menang dengan skor 2-1.

Skuad beruang madu sebelumnya unggul lebih dulu pda menit ketiga melalui shoting diluar kotak finalti. Julio Lopez (J-Lo) Bola bersarang di sisi kanan kipper Persisam Wawan yang tidak mampu menghalau tendangan J-Lo.

Namun situasi lapangan berubah padam saat supporter meluncurkan kembang api ke atas sehingga mengenai lampu atas stadion.akibatnya pada menit kelima pertndingan dihentikan.[ad#kumpulblogger]

Pertandingan bisa berlanjut setelah lampu bisa menyala kembali. Ketinggalan 1-0 Persisam memasukan Danilo menggantikan Syaiful. Pergantian ini membawa pengaruh kepada tim karena serang bertubi-tubi kepada persiba kerap terjadi.

Akhirnya  pada menit ke 39 melalui pemain belakang Tsimi Jacques, Persisam berhasil menyarangkan bola ke gawang Made Irawan, memanfaatkan umpan tendangan pojok. Pertandingan berlangsung 1-1 hingga turun minum.

Di Babak kedua tim Elang Borneo meningkatkan tempo permainan dan lebih agresif melakukan serangan. Apalagi setelah pelatih Aji Santoso mengganti Zaenal Arief  dengan Agung Supryogi.

Sehingga pada menit 86 Hamkah Hamzah berhasil memasukan bola ke gawang Made setelah mendapat umpan tarik dari Pipat Ponkaya disisi kanan kipper sehingga keduduakan berubah 2-1.

Gol kedua ini sedikir berbau offside. Pasalnya, salah seorang pemain Persisam Pipat berada dalam posisi offside, namun wasit tidak melihat itu sehingga gol kedua untuk persisam.tecipta.”

Praktis, gol itu membuat kecewa pelatih Persiba Daniel Roekito. “Gol kedua saya kira itu offside,” ujar Daniel penasehat teknik Persiba usai pertandingan. [amir sarifudin/okezone]