Dalam partai pembuka tirai Liga Inggris itu, Manchester United dan Chelsea bermain imbang 2-2 selama 90 menit di stadion Wembley dan keputusan juara harus ditentukan dari titik putih.

Kedua tim berbagi masing-masing dua gol selama 90 menit waktu normal lewat gol yang diciptakan Nani di babak pertama, dan kemudian langsung dibalas Chelsea lewat Ricardo Carvalho dan Frank Lampard di babak kedua sebelum Wayne Rooney membuat skor kembali imbang pada injury time.

Petr Cech tampil sebagai pahlawan the Blues pada babak tos-tosan dengan menyelamatkan penalti dari Ryan Giggs dan Patrice Evra, dan pelatih Carlo Ancelotti pun mendapatkan gelar pertama bersama Chelsea berupa piagam Community Shield.

Chelsea langsung menggebrak dari peluit pertama, dan Manchester United terlihat gugup dengan membiarkan beberapa peluang emas diciptakan oleh the Blues.

Didier Drogba mendapatkan peluang pertama pada menit kedua, saat tendangan jarak jauhnya dapat diantisipasi Ben Foster, dan kemudian tendangan penjuru Frank Lampard dimanfaatkan Branislav Ivanovic yang berada pada posisi tepat, tetapi Patrice Evra berhasil melakukan penyelamatan dengan menyundul gawang ke mistar gawang.

Tetapi, justru Manchester United yang unggul lebih dahulu, saat tendangan jarak jauh Nani gagal diantisipasi John Terry dan Petr Cech dan Nani pun merayakan gol dengan atraksi salto di udara.

Gol Nani membuat pertandingan berjalan menarik, kedua tim saling berganti menyerang, dan Park Ji-Sung hampir menjebol gawang Cech lewat kerjasamanya dengan Dimitar Berbatov dan Wayne Rooney.

Sementara Drogba juga mengancam gawang Foster, dan kemudian kembali dibalas oleh kerjasama cantik dari Park Ji-Sung dan Dimitar Berbatov.

Pada menit ke-27, Malouda berdiri bebas di dalam kotak penalti Setan Merah, tetapi sayap asal Prancis itu gaal memanfaatkan peluang emas itu, dan menjelang akhir babak pertama, Darren Fletcher melepaskan tendangan lambung yang dengan sigap ditepis oleh Cech.

Chelsea meraih peluang pertama di babak kedua, dan langsung mencetak gol balasan, saat Foster terjatuh saat mengantisipasi umpan silang Malouda, dan Carvalho dengan mudah menceploskan bola ke gawang kosong.

Beberapa pergantian pemain dari kedua kubu berhasil mengubah jalannya pertandingan. Antonio Valencia masuk menggantikan Nani yang merintih kesakitan, dan John Obi Mikel keluar untuk memberikan tempat bagi Michael Ballack.

Gol kedua yang diwarnai keputusan kontroversial wasit Chris Foy dimulai saat Ballack tergeletak di lapangan akibat perebutan bola dengan Patrice Evra dan Foy menghentikan permainan saat United tengah menyerang.

Beberapa menit kemudian, giliran Ballack yang menyikut Evra dan membuat bek kiri asal Prancis itu terjatuh dan tetap terkapar di lapangan dan memegangi kepalanya. Uniknya, wasit tak menghentikan permainan dan Frank Lampard berhasil menyarangkan bola ke gawang Foster pada menit ke-71. Pemain United pun protes keras, tetapi wasit tetap teguh pada pendiriannya.

Enam menit kemudian, Drogba hampir saja menjebol gawang United, tetapi tembakan yang menyusur tanah berhasil digagalkan dengan baik oleh Foster.

Setan Merah terus berusaha menekan the Blues, dan saat gelar Community Shield hampir menjadi milik Chelsea, Rooney berhasil mencuri gol dengan memanfaatkan umpan terobosan pemain pengganti Ryan Giggs, meski dalam tayangan ulang terlihat striker Inggris itu bisa saja dianggap off-side dan wasit pun membuat keputusan kontroversial kedua.

Peluit babak kedua pun ditiup dan hebatnya, kedua tim melupakan semua yang terjadi di lapangan, termasuk antara Evra dan Ballack yang terlihat cukup akrab di lapangan, sesuatu yang patut dicontoh dunia sepakbola nasional.

Dalam drama adu penalti, Lampard, Ballack, Drogba, dan Kalou berhasil melewati Foster dengan meyakinkan.

Sementara, Giggs gagal melewati Cech dalam penalti pertama, dan Evra juga gagal melewati kiper Republik Ceko itu, sehingga tendangan yang Carrick pada penalti kedua tak terlalu berarti lagi.

Chelsea: Cech, Ivanovic (Bosingwa ’46), Carvalho, Terry, Cole, Essien, Mikel (Ballack ’65), Malouda (Deco ’77), Lampard, Drogba, Anelka (Kalou ’83)

Manchester United:
Foster, Evra, Ferdinand, Evans, O’Shea (Fabio ’75), Nani (Valencia ’62), Carrick, Fletcher (Scholes ’75), Park (Giggs ’75), Berbatov (Owen ’75), Rooney