ist-okezoneJAKARTA – Perhelatan festival sepakbola anak internasional tahunan Danone Nations Cup (DNC) tahun ini akhirnya mencapai fase Final Nasional. Tim-tim pemenang regional dari 12 kota siap bertarung demi menggenggam tiket final ke Sao Paulo, Brasil, Oktober 2009.DNC sebagai festival sepakbola anak internasional terbesar dunia telah memasuki tahun kesembilan. Pemenang tahun-tahun sebelumnya mencakup Prancis (2000, 2008), Afrika Selatan (2003, 2007), Spanyol (2004), serta Reunion Island (2001, 2006).

Sekira 25 ribu anak 10-12 tahun dari 1700 sekolah dasar serta sekolah sepakbola seluruh Indonesia telah mengikuti babak penyisihan DNC 2009 yang berlangsung pada 13 Juni – 15 Juli 2009. Dari babak penyisihan itu, akhirnya didapat 12 tim yang bakal bertarung di babak Final Nasional akhir pekan ini demi menentukan tim mana yang akan dikirim ke Sao Paulo, Brasil.

Sebagai langkah pertama menjelang final, pihak Danone menggelar drawing untuk menentukan lawan yang akan dihadapi ke-12 tim tersebut. Drawing itu sendiri dilaksanakan Kamis (30/7/2009) di Senayan Trade Center, Jakarta Selatan.

Selain disaksikan seluruh peserta, acara tersebut juga dihadiri Ketua Komite Usia Muda PSSI Ferry Paulus, Deputi 5 Bidang Peningkatan Prestasi & IPTEK Olahraga Menegpora Drs. Tunas Dwidharto, serta pelatih Timnas Junior Indonesia Bambang Nurdiansyah.

Dengan nada gembira, Ferry memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pihak Danone yang menunjukkan komitmen tinggi dalam mendukung perkembangan bibit-bibit sepakbola nusantara masa depan. “Saya berharap, ini bisa menjadi ajang rutin karena kegiatan ini mampu memberikan kontribusi penting untuk perkembangan sepakbola Indonesia,” cetus Ferry.

Sementara, Tunas Dwidharto sebagai perwakilan Menegpora berharap ajang DNC bisa menjadi wadah pembentukan karakter generasi Indonesia mendatang. “Pembentukan karakter bangsa dimulai dari anak-anak. Semoga dengan olahraga kita bisa membentuk watak dan karakter bangsa yang memiliki jiwa semangat dan disiplin serta rasa sportivitas dan kerjasama,” paparnya.

[ad#kumpulblogger]

“Pemerintah menyambut baik upaya dari Danone yang dapat menghasilkan pesepakbola muda unggulan Indonesia. Karena dalam hal ini, pemerintah tidak bisa bertindak seorang diri. Dalam lima tahun ke depan, dengan terus berlatih, didukung rencana baik, disiplin, serta gaya hidup sehat, anak-anak ini bisa menjadi generasi terbaik,” harap Tunas.

Final Nasional DNC 2009 akan digelar 1-2 Agustus 2009 di Stadion Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta Pusat. Selain menyaksikan pertandingan ke-12 tim, babak final nanti juga bakal diramaikan oleh para finalis DNC Kid Reporter. Pemenang DNC Kid Reporter berkesempatan untuk meliput langsung laga Final Dunia di Sao Paulo, Brasil, Oktober 2009, serta berpeluang mewawancarai ikon sepakbola Prancis Zinedine Zidane yang menjadi Duta Internasional DNC sejak 2003 silam.

Hasil drawing Final Nasional Danone Nations Cup 2009, Kamis (30/7/2009):

Pool A:
Akademi Rudal Cikupa 003 Tangerang Banten
SSB Persigawa Selatan Jakarta
SSB Patriot Panto Labu Aceh Utara

Pool B:
SSB Kalegowa Makassar
SSB Plumpang Putra Medan
SSB Grime Papua

Pool C:
SSB Putra Jenggolo Sidoarjo Surabaya
SSB Rick’s Sayati Bandung
SSB Wirabraja Kota Padang

Pool D:
SSB Mandala Putra Denpasar
SSB Mas Yogyakarta
SSB Pengcab Semarang

(van)

[ad#kumpulblogger]