Indonesia sudah dipastikan menjadi tuan rumah babak kualifikasi Piala Asia Futsal 2010 Zona ASEAN. Pertandingan tersebut akan dihelat di Tennis Indoor Stadium, Senayan Jakarta, 13-18 Februari 2010. Ada delapan negara yang berpartisipasi dalam babak kualifikasi ini.

Indonesia akan bersaing dengan Malaysia, Australia, Kamboja, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam dan Myanmar untuk memperebutkan tiga tiket lolos ke putaran final. Mereka akan dibagi ke dalam dua grup yang drawingnya akan dilakukan pada tanggal 22 Juli di AFC House Kuala Lumpur, Malaysia. “ Mekanisme drawing ditentukan langsung oleh AFC. Indonesia sendiri berada di pot 2 bersama Vietnam. Penentuannya berdasarkan peringkat di Piala Asia Futsal 2008 lalu,” kata Yerico Umbas, manajer timnas futsal Indonesia.

AFC memang telah mengirimkan surat yang berisi mekanisme drawing babak kualifikasi ini. Sebelum di bagi ke dalam pot unggulan, delapan tim diurut berdasarkan peringkat di Piala Asia 2008. Australia berada di posisi pertama setelah menempati peringkat 5 Piala Asia 2008, selanjutnya secara berturut-turut adalah Malaysia (rkg 10 AFC), Indonesia (11), Vietnam (18), Brunei Darussalam (21), Kamboja (-), Myanmar (-) dan Filipina.

Berdasarkan urutan tersebut, AFC membagi ke dalam empat pot. Pot pertama berisi Australia dan Malaysia. Pot 2 : Indonesia dan Vietnam, Pot 3 : Brunei Darussalam dan satu tim dari pot 4. Pot 4 : Kamboja, Myamar dan Filipina.

Setelah dibagi dalam empat pot, drawing segera dimulai. Drawing pertama, Pot 4 akan diambil. Tim pertama yang terambil akan menempati Grup A (A4). Tim kedua menempati Grup B (B4). Tim ketiga dialihkan ke pot 3.

Drawing kedua, tim pertama yang terambil menempati grup A (A3). Tim kedua menempati Grup B (B3).

Selanjutnya, drawing ketiga. Tim pertama yang terambil menempati grup A (A2). Tim kedua menempati Grup B (B2).

Terakhir di pot 4. Tim pertama yang terambil menempati grup A (A1). Tim kedua menempati Grup B (B1).

“ Dari mekanisme yang ditetapkan AFC tersebut, jelas kita sangat menghindari Australia. Bukannya meremehkan Malaysia, tapi paling tidak kita bisa lebih punya peluang lolos ke semi final lebih baik,” ungkap Yerico Umbas.
[ad#kumpulblogger]
“ Namun, apapun hasil drawing nanti, kita pasti akan terima dengan lapang dada. Saya kira mekanismenya cukup fair,” imbuh Yerico yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Badan Futsal Nasional.

Terkait persiapan timnas, BFN sudah memiliki program jangka panjang. Timnas Futsal Indonesia memang dibebani target wajib lolos ke putaran final. Apalagi Indonesia bertindak sebagai tuan rumah.

“ Kita merencanakan menggelar pelatnas timnas usai lebaran nanti. Masih ada sisa waktu empat bulan sebelum tampil di kualifikasi. Di antara waktu tersebut, ada juga event Asian Indoor Games di Vietnam. Mungkin akan kita manfaatkan sebagai bagian persiapan,” papar Yerico. (asp)