Timnas senior Indonesia segera menggelar pelatnas di Sawangan, Depok, Jawa Barat. Pelatih Benny Dolo sudah menetapkan 23 pemain yang sudah harus bergabung mulai tanggal 3 Juli 2009.

Dari daftar nama yang dirilis Benny Dolo, tidak terdapat muka baru. Semuanya merupakan pemain yang biasa menghuni skuad timnas senior Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

“Memang saya menilai ada beberapa pemain muda potensial yang mencuat di ISL musim ini. Tapi, karena TC kali ini adalah bagian dari persiapan menghadapi Pra Piala Asia 2011, saya harus memanggil pemain yang sudah didaftarkan ke AFC,” ungkap Benny Dolo.

Meski begitu, masuknya M Ridwan, Saktiawan Sinaga, Ian Kabes dan Eka Ramdani, merupakan yang pertama kali sejak Indonesia bertarung dalam Pra Piala Asia 2011. Dalam dua pertandingan pertama menghadapi Oman dan Australia, keempatnya tidak berada dalam skuad timnas.

Sebelumnya, nama gelandang jangkar Immanuel Wanggai sempat disebut Benny Dolo layak masuk dalam timnas senior. Namanya pun sebenarnya masuk dalam 50 pemain yang didaftarkan ke AFC.

“Saya tidak bisa memakai tenaga Immanuel Wanggai. Ada sedikit masalah administrasi sehingga ia tak bisa main di Pra Piala Asia 2011,” kata Benny Dolo.

Sementara dalam daftar 23 pemain tersebut, terdapat nama Hariono yang kini tengah mengalami cedera retak engkel. Karena itulah Benny pun memasukkan nama Syamsul Chaerudin untuk posisi yang sama dengan Hariono.

Pelatnas timnas senior kali ini akan digelar di Sawangan selama satu bulan penuh. Di awal pelatnas, Benny Dolo akan menggelar test validasi untuk mengetahui sejauh mana kondisi fisik terakhir pemainnya.

Tanggal 1-15 Agustus, timnas rencananya akan mengikuti turnamen Merdeka Games 2009 di Malaysia. Setelah itu, timnas diliburkan karena memasuki bulan puasa. Satu bulan jelang laga Pra Piala Asia 2011 menghadapi Kuwait (14 November 2009), Benny Dolo akan kembali memanggil pemainnya dalam pelatnas. (asp)

Skuad Timnas Indonesia:

Kiper: Markus Harison (PSMS Medan), Fery Rotinsulu (Sriwijaya FC), Dian Agus Prasetyo (Pelita Jaya)

Belakang: Ricardo Salampessy (Persipura Jayapura), Charis Yulianto, Isnan Ali (Sriwajaya FC), Ismed Sofyan (Persija Jakarta), Nova Arianto, Maman Abdurahman (Persib Bandung), M Roby (Persik Kediri), Muhamad Ridwan (Pelita Jaya)

Tengah: Ponaryo Astaman (Persija Jakarta), Firman Utina (Pelita Jaya), Hariono, Eka Ramdani (Persib Bandung), Elie Aiboy (PSMS Medan), Boaz Solossa, Ian Louis Kabes (Persipura Jayapura), Syamsul Bahri (PSM Makasar)

Depan: Budi Sudarsono (Sriwijaya FC), Bambang Pamungkas (Persija Jakarta), TA Mushafry (Persiba Balikpapan), Saktiawan Sinaga (Persik Kediri)
[ad#kumpulblogger]