PALEMBANG, 28 Juni 2009- Sriwijaya FC berhasil mempertahankan gelar juara Copa Dji Sam Soe Indonesia. Laskar Wong Kito dinyatakan menang 4-0 atas Persipura Jayapura pada laga final Copa Dji Sam Soe Indonesia 2008/2009 di Stadion Jakabaring, Palembang, Minggu (28/9). Sukses ini membuat Sriwijaya FC menyamai rekor Arema Malang yang mampu meraih gelar juara Copa Dji Sam Soe Indonesia dua kali berturut-turut.

Partai final Copa Dji Sam Soe Indonesia 2008/2009 diwarnai dengan mundurnya Persipura Jayapura dari pertandingan karena tak puas dengan keputusan wasit Purwanto pada menit 60. Badan Liga Indonesia (BLI) pun menyatakan Tim Mutiara Hitam walk out (wo) dan kalah 0-3. Karena Sriwijaya FC mampu mencetak satu gol lewat tandukan Anoure Obiora di menit 52, maka skor akhir menjadi 4-0 untuk kemenangan Sriwjiaya FC.

“Ada rasa puas dan kurang puas. Tapi, saya merasa kami memang tampil dominan di partai final ini. Strategi yang kami mainkan berbeda dibanding saat kami meladeni Persipura Jayapura di kandang mereka. Para pemain sudah penampilan yang baik,” ujar Rahmad usai pertandingan.

Kapten tim Sriwijaya FC, Keith Kayamba Gumbs juga mengaku senang atas keberhasilan ini. “Saya sangat gembira kami bisa menang atas Persipura,” ucap Gumbs yang mengaku tak berniat pindah ke klub lain pada musim depan.

Atas prestasi membanggakan ini, manajemen Sriwijaya FC mengaku akan memberikan bonus Rp 500 juta bagi Charis Yulianto dan kawan-kawan. “Selain memberi bonus, kami juga sudah menyiapkan rumah bagi pemain yang belum punya rumah dan berniat tinggal di Palembang,” ujar Dodi Reza Alex, Direktur Utama PT Sriwijaya Optimis Mandiri, yang membawahi manajemen Sriwijaya FC.

Usai memastikan diri sebagai juara Copa Dji Sam Soe Indonesia 2008/2009, tim Laskar Wong Kito langsung mencanangkan target serupa di musim depan. “Kami bertekad kembali mempertahankan gelar juara di musim depan. Kami ingin menjadi juara tiga kali berturut-turut,” tegas Dodi.

Partai final Copa Dji Sam Soe Indonesia 2008/2009 berlangsung meriah. Stadion Gelora Jakabaring dipenuhi oleh penonton. Laga ini juga dimeriahkan dengan pesta kembang api dan permainan lampu laser. Grup band God Bless turut meramaikan suasana. (Daf)