Brasil 3-2 Amerika Serikat
Luar biasa Brasil. Tertinggal lebih dulu 2-0, mereka mampu bangkit dan mengalahkan Amerika Serikat 3-2 di final Piala Konfederasi di Stadion Ellis Park, Johannesburg, Senin (29/6) dinihari WIB.

Sebuah kemenangan yang sangat layak bagi Brasil. Tapi, laga itu juga menunjukkan strategi serangan balik AS yang sungguh efisien.

Penampilan AS memang mengejutkan di babak pertama, terutama di menit-menit awal. Bahkan mereka sudah mampu mencetak gol saat pertandingan baru berjalan sepuluh menit saat Clint Dempsey membobol gawang Brasil..[ad#ijo]

Gol itu berawal dari umpan silang Jonathan Spector yang gagal diantisipasi kapten Brasil Lucio. Adalah Dempsey yang menerima umpan itu dan menaklukkan kiper Julio Cesar.

Gol itu makin meningkatkan semangat pemain AS. Namun, Brasil juga melakukan tekanan untuk menyamakan kedudukan. Setelah upaya Robinho gagal, AS melakukan serangan balik yang kilat.

Selanjutnya, Charlie Davies melalui kerjasama satu dua dengan Landon Donovan yang menyelesaikannya dengan hasil sempurna pada menit ke-27. Donovan yang membawa bola sempat melewati Lucio sebelum memperbesar keunggulan AS menjadi 2-0.

Tertinggal dua gol yang membuat Brasil menyerah. Mereka tetap melakukan tekanan. Bek Andre Santos sempat mendapat peluang meski akhirnya gagal.

Demikian pula dengan tendangan jarak jauh Robinho. Meski memperlihatkan dominasinya, namun penyelesaian akhir yang buruk membuat Brasil frustrasi di babak pertama.

Memasuki babak kedua, Brasil langsung bangkit dan mencetak gol menit ke-46. Striker Luis Fabiano memperkecil ketinggalan Brasil setelah menaklukkan kiper Tim Howard.

Gol itu membuat semangat pemain Brasil meningkat. Mereka mulai memperlihatkan dominasinya. Bahkan Howard harus bekerja keras menyelamatkan gawangnya. Meski demikian Davies sempat mengancam gawang Brasil meski akhirnya bisa diatasi Julio Cesar.

Setelah beberapa kali gagal menambah gol, Brasil akhirnya mampu menembus pertahanan AS. Sebuah umpan silang yang gagal diselesaikan oleh Robinho, namun diselesaikan dengan baik oleh Fabiano menit ke-74. Ini merupakan gol kedua Fabiano di final.

AS akhirnya terpuruk setelah umpan silang Elano diselesaikan dengan manis oleh Lucio, sepuluh menit kemudian. Sundulan sang kapten pada menit ke-84 menjadi penentu kemenangan Brasil.
[ad#kumpulblogger]