Spanyol sukses mengalahkan tuan rumah Afrika Selatan pada perebutan tempat ketiga Piala Konfederasi 2009 melalui pertandingan ketat dan babak perpanjangan waktu, 3-2.

Sayangnya, pertandingan yang terbilang seru ini tak banyak disaksikan penonton. Apalagi, kondisi cuaca sempurna untuk menonton sepakbola.

Afrika Selatan tampil mengejutkan dengan menampilkan semangat pantang menyerah. Kepercayaan diri pasukan Joel Santana tampak kian kuat setelah sukses lolos ke semi-final turnamen.
[ad#ijo]
Spanyol, yang lebih berpengalaman, beberapa kali menuai peluang pada babak pertama, tapi gagal menaklukkan kiper Itumeleng Khune. David Villa mendapatkan dua peluang, sedangkan tendangan Fernando Torres menghantam seorang pemain belakang.

Spanyol masih memegang kendali pertandingan pada babak kedua. Penampilan La Furia Roja kian meyakinkan dan pada menit ke-63, Khune melakukan penyelamatan gemilang menyusul kerjasama manis antara Albert Riera dan pemain pengganti, Daniel Guiza.

Tampil di bawah tekanan, Afrika Selatan justru mampu mencuri gol. Pada menit ke-72, Siphiwe Tshabalala melepas umpan dari sayap kiri. Pertahanan Spanyol lengah dan tidak ada yang mencegah Katlego Mphela melesakkan bola ke dalam gawang Iker Casillas dari jarak dekat.

Spanyol membalas dan sebuah umpan mendatar David Silva dimanfaatkan secara sempurna oleh Guiza, dengan tendangan datar yang terukut. Gol balasan tercipta pada menit ke-87.

Satu menit kemudian, Guiza kembali beraksi. Berdiri di ujung kotak penalti lawan, sang striker ini melepas tendangan cantik ke arah tiang jauh Khune. Bola membentur gawang dan melesak masuk.

Saat medali perunggu berada dalam genggaman Spanyol, Afrika Selatan enggan menyerah. Semenit setelahnya, Mphela mencetak gol penyeimbang yang tak kalah cantiknya melalui tendangan bebas nan keras. Casillas tak mampu menghalau derasnya laju bola.

Pertandingan harus melalui perpanjangan waktu. Afrika Selatan kian sulit menembus pertahanan Spanyol. Satu peluang ketika Bernard Parker lolos dari hadangan para bek Spanyol dapat dimentahkan Casillas.

Satu insiden kontroversial terjadi pada pengujung babak pertama perpanjangan waktu ketika bola yang disundul Silva mengenai tangan Benson Mhlongo. Wasit menolak memberikan penalti, meski melalui tayangan ulang televisi, Spanyol memang layak mendapatkannya.

Gol kemenangan Spanyol akhirnya dilesakkan Xabi Alonso melalui tendangan bebas yang terarah.

Afrika Selatan tak lagi mampu bangkit membalas kedudukan. Spanyol sukses merebut posisi ketiga turnamen dan meninggalkan tuan rumah tugas yang masih harus diselesaikan tahun depan.

Susunan pemain:
Spanyol Casillas; Arbeloa, Capdevila, Pique, Albiol; Alonso, Busquets / Llorente (81′), Cazorla, Riera; Torres / Silva (81′), Villa / Guiza (57′).
Afrika Selatan Khune; Masilela, Gaxa, Mokoena, Booth; Dikgacoi, Sibaya, Modise / Van Heerden (69′), Tshabalala / Mhlongo (84′), Pienaar / Mphela (65′); Parker.
[ad#kumpulblogger]