Amerika Serikat mengungguli juara Eropa Spanyol dengan skor meyakinkan 2-0 di Free State Stadium, Bloemfontein, Kamis (25/6) dinihari WIB.

Amerika Serikat langsung tampil agresif di babak pertama. Beberapa kali gawang Iker Casillas dibuat terancam oleh tim dari negeri Paman Sam itu.

Setelah beberapa kali menguji peruntungan lewat tendangan jarak jauh, Amerika Serikat akhirnya bisa mengubah skor menjadi 1-0 di menit 27. Jozy Altidore menjadi pencetak gol Amerika Serikat lewat tendangan kerasnya yang tak bisa dibendung Casillas.[ad#ijo]

Spanyol berusaha bangkit setelah kecolongan. Akan tetapi usaha David Villa dan fernando Torres belum menuai hasil.

Memasuki babak kedua, Spanyol ganti mengambil inisiatif serangan. Dimotori Xabi Alonso dan Cesc Fabregas, serangan dibangun dari segala sudut pertahanan Amerika Serikat yang membuat Landon Donovan dkk terkurung di daerahnya sendiri.

Beberapa kali David Villa, Xavi Hernandes, Xabi Alonso, bahkan Sergio Ramos mencoba peruntungannya lewat tendangan dari luar kotak penalti. Namun hingga memasuki menit ke-70, skor 1-0 tak juga berubah.

Malah empat menit berselang, Spanyol kembali kecolongan. Berawal dari counter attack, Landon Donovan membawa bola masuk ke kotak penalti Spanyol dan mengirimkannya lewat tendangan mendatar ke depan gawang Iker Casillas. Bola sempat dihalau Gerard Pique dan ditahan Sergio Ramos. Namun secara tiba-tiba Clint Dempsey muncul dari belakang Sergio Ramos untuk mencuri momen menyepak bola ke gawang Spanyol. Skor pun kini berubah menjadi 2-0 untuk Amerika Serikat.

Gol tersebut membuat Spanyol semakin terlecut untuk terus menekan dan mencetak gol. Akan tetapi hingga peluit panjang dibunyikan, skor 2-0 untuk kemenangan Amerika Serikat tidak berubah dan juara Concacaf itu pun melenggang ke final.

Amerika Serikat kini tinggal menunggu lawan antara Brasil dan Afrika Selatan yang akan bertemu besok yang akan memperebutkan satu tiket final terakhir. Spanyol juga akan menunggu lawan untuk perebutan tempat ketiga.[ad#kumpulblogger]