Persipura Jayapura lolos ke final Copa Indonesia usai menyingkirkan Deltras Sidoarjo di semi-final. Pada leg pertama di kandangnya sendiri, Persipura mengalahkan Deltras 3-1. Sedangkan di leg kedua, tim Mutiara Hitam bermain imbang 3-3.

Calon lawan Persipura adalah pemenang duel Sriwijaya FC dan Persijap Jepara yang berlangsung di Stadion Gelora Bumi Sriwijaya, Rabu [24/6]. Tuan rumah berpeluang besar lolos ke final, karena sudah mengantungi kemenangan 2-0 di leg pertama. Hasil imbang sudah cukup bagi Sriwijaya berlaga di final untuk kali kedua.[ad#ijo]Jacksen F Tiago, pelatih Persipura, mengatakan, bermain di Stadion Gelora Bumi Sriwijaya, yang merupakan kandang Sriwijaya FC, secara psikologis tidak menguntungkan bagi anak asuhnya. Kendati demikian, ia tidak mau berandai-andai calon lawannya di final.

“Saya lebih senang bila laga final Copa Indonesia dimainkan di tempat netral, sehingga kedua tim sama-sama tidak diuntungkan dan dirugikan. Tapi karena sudah diputuskan, kami tidak bisa mengelak, meskipun beban psikologis buat kami cukup berat,” ujar Jacksen.

Dalam pertandingan final nanti, Persipura tidak akan diperkuat salah satu ujung tombak andalannya, Alberto ‘Beto’ Goncalves. Beto absen karena menjalani akumulasi kartu kuning. Kartu keduanya didapat di laga melawan Deltras.[ad#kumpulblogger]