Milan dan Real Madrid telah mencapai kata sepakat terkait transfer Kaka. Sang pemain pun resmi menjadi pemain Los Merengues mulai musim depan.

Namun yang jadi pertanyaan, berapakah jumlah dana transfer yang diterima Milan untuk penjualan Kaka? Apakah sesuai dengan ekspektasi mereka beberapa hari lalu?[ad#ijo]

Rupanya tidak. Jika wakil presiden Milan Adriano Galliani sempat mengungkapkan Milan tidak akan melewatkan tawaran €70 juta, ternyata El Real hanya bersedia membayar tak lebih dari €65 juta, atau lebih tepatnya €64.5 juta, sekitar Rp899.4 miliar.

Nilai tersebut tentunya jauh lebih kecil dari tawaran Manchester City beberapa waktu silam, di mana klub Inggris itu sempat menawarkan €100 juta untuk membawa Kaka ke Eastland. Namun kesepakatan tidak terjadi karena Kaka lebih memilih bertahan di Milan.

Dana transfer Kaka juga masih jauh dari rekor transfer pemain sepanjang masa yang ditorehkan Zinedine Zidane saat diboyong Real Madrid dari Juventus di tahun 2001. Kala itu, Real Madrid menebus Zidane dengan dana transfer €76 juta.

Namun oleh beberapa sumber, nilai transfer diklaim Kaka sedikit lebih besar dari nilai transfer Zidane, merujuk pada kondisi perekonomian dunia dan nilai mata uang Euro saat ini.

Inilah Lima Rekor Transfer Terbesar Sepanjang Masa
1. Zinedine Zidane (Juventus – Real Madrid) 2001 – €76 juta
2. Kaka (AC Milan – Real Madrid) 2009 – €65 juta
3. Luis Figo (Barcelona – Real Madrid) 2000 – €58.5 juta
4. Hernan Crespo (Parma – Lazio) 2000 – €53.6 juta
5. Gianluigi Buffon (Parma – Juventus) 2001 – €49.2 juta[ad#kumpulblogger]