Seperti diketahui, Piala Dunia 2014 akan dilangsungkan di Brasil. Negara yang terkenal dengan joga bonito-nya itu pun diminta untuk mengajukan beberapa stadion dan kota untuk menjadi host dari pertandingan di putaran final mendatang.

Brasil mengajukan 17 kota untuk dipilih FIFA sebagai tuan rumah pesta sepakbola akbar se-dunia itu. Namun FIFA hanya meloloskan 12 kota.
[ad#ijo]
Tidak ada kejutan dari 12 nama yang diumumkan FIFA, antara lain Belo Horizonte, Brasilia, Cuiaba, Curitiba, Fortaleza, Manaus, Natal, Porto Alegre, Recife, Rio de Janeiro, Salvador dan Sao Paulo. Sementara lima yang terdepak adalah Belem, Campo Grande, Goiania, Rio Branco dan Florianopolis.

Dipilihnya 12 kota tersebut dengan mempertimbangkan faktor geografis dan jarak antar kota agar tidak menyulitkan tim yang nantinya bertanding.

“Daya tarik di Brasil luar biasa besar, dan merupakan pengambilan keputusan yang sulit untuk memilih 12 dari 17 kota yang mereka ajukan,” ujar presiden FIFA Sepp Blatter dikutip Reuters.

“Kami ingin membuat ajang Piala Dunia ini sukses dan hal ini menjadi yang terpenting,” tandasnya lagi.

Dipilihnya Brasil sebagai tuan rumah untuk Piala Dunia 2014 menjadi yang pertama setelah tahun 1950, di mana saat itu Brasil kalah dari Uruguay di final.[ad#kumpulblogger]