Federico Marchetti, penjaga gawang Cagliari, merefleksikan kegembirannya dipanggil Marcello Lippi ke timnas.

“Tiga tahun lalu saya masih pengangguran, kini saya mengenakan kostum tim nasional,” ujarnya.

Marchetti adalah satu dari delapan muka baru yang dipanggil Lippi ke timnas Italia yang akan menghadapi Irlandia Utara dalam laga persahabatan di Pisa, 6 Juni mendatang.
[ad#ijo]
Bagi penjaga gawang usia 26 tahun itu pemanggilan ini merupakan langkah luar biasa. Ia membuat debutnya di Serie A Italia musim ini, dan sukses menempatkan Sardinians — julukan tradisional Cagliari — di papan tengah sampai akhir musim.

Lippi mengamati Marchetti sepanjang musim, dan terkesan dengan penampilannya.
[ad#link_unit]
“Sungguh tidak mudah menerima panggilan timnas Italia, karena saya baru satu musim bermain di Serie A,” ujarnya.

“Saya menganggap pemanggilan ini sebagai hadiah bagi seluruh rekan saya, dan presiden klub yang mempercayai saya,” lanjutnya.

Marchetti juga melihat pemanggilan ke timnas Italia tidak ubahnya dongeng. Ia merasa masih harus banyak belajar dari rekan-rekannya di Cagliari, tapi tiba-tiba menjadi salah satu pemain Azzurri.

“Saya masih belum lupa betapa tiga tahun lalu saya pengangguran. Saya tidak menemukan klub yang mau menggunakan tenaga saya, tapi kini saya akan mengenakan kostum tim juara dunia,” demikian Marchetti.

Marchetti mengawali kariernya di Torino, tapi menghabiskan musim 2005/2006 di bangku cadangan. Ia meninggalkan Torino, tapi tidak ada klub yang menginginkannya.

Ia memutuskan mengawali perjalannya dari Serie B dengan Albinoleffe di tahun 2007. Musim berikutnya bergabung dengan Cagliari.

“Sepakbola bukan karir yang mudah. Siapa pun selalu mengalami kekecewaan, khususnya jika tidak ada orang yang mempercayai kita,” kenangnya.

“Saya telah melewati moment paling pahit, tapi itu semua bagian dari hidup. Kita harus belajar dari kepahitan untuk menyongsong masa depan lebih baik,” Marchetti berfilosofi.

Menurut Marchetti, itulah alasan mengapa dirinya mendedikasikan pemanggilan ini untuk orang-orang yang mempercayainya, dan semua yang membantunya melewati masa-masa sulit dalam hidup dan karir.

“Saya tidak perlu menyebut mereka satu per satu, tapi mereka tahu betapa saya sangat berterima kasih,” lanjutnya.

Marchetti juga akan menjadi pemain Cagliari pertama yang menerima panggilan Azzurri, sejak Pasquqle Foggia di tahun 2007.[ad#kumpulblogger]