berbagai tulisan tentang suporter indonesia akan di terbitkan berkala dalam rangka menuju 9 tahun Hari suporter.

CORNEL (Community Relationship Netter Liga Indonesia) merupakan wadah bagi para Netter dari tiap Supporter di Tanah air yang membentuk Komunitas baru didasarkan pada pada Persahabatan & Persaudaraan dikalangan Supporter di Indonesia. Walaupun terbentuk diawali melalui dunia “maya”, tetapi CORNEL berkeinginan aktif untuk dapat menebarkan Persahabatan & Perdamaian antar Supporters secara “Nyata”.

Pertemuan Pertama,CORNEL di Deklarasikan pada hari Minggu tgl 21 Mei 2006, Pukul 15.00 Wib di Jakarta yang dideklarasikan oleh Netter yang berasal dari Supporter Pasoepati(PERSIS Solo), Aremania(AREMA Malang), PSCS /PSIS Cyber (PSIS Semarang). Deklarasi ini dihadiri oleh 10 Netter dari ketiga kelompok Supporter tersebut.
[ad#ijo]
Selain mendeklarasikan Pembentukan CORNEL, pada pertemuan pertama itu juga berhasil disusun Kepengurusan awal dari CORNEL, yaitu sebagai berikut ;

1. Penasehat : Panji Kartiko (Pasoepati), PERSIS Solo
2. Ketua : Oke Suko Raharjo (AremaniaCyber) AREMA Malang
3. Sekjen : SlametPurwanto (PSCS/Panser Biru) PSIS Semarang

Selain berhasil membentuk kepengurusan Awal diatas CORNEL juga menyepakati point-point penting dalam pertemuan tersebut, yaitu sbb:
1. CORNEL merupakan organisasi Independent dan tidak berafiliasi dengan Fans Club dari supporter tertentu
2. CORNEL Menyerukan kepada Komunitas Netter dari seluruh Divisi di Liga Indonesia untuk selalu mengedepankan rasa persahabatan dan selalu menghindari komentar yang bernada provokatif.
3. CORNEL Mengharapkan agar Komunitas Netter untuk selalu dapat memberikan Contoh Positif dalam mendukung Klub Kebanggan masing-masing dengan tetap saling menghargai pendapat masing-masing.
4. CORNEL Menghimbau kepada sluruh Netter Liga Indonesia agar selalu Proaktif melakukan Klarifikasi secara Positif atas Informasi Negatif yang ada.
5. CORNEL Mengharapkan dukungan dari rekan-rekan netter Liga Indonesia.Com untuk saling mengingatkan kepada setiap komentar provokatif yang muncul di Website-Website Supporters & Klub .
6. CORNEL tidak mengatasnamakan organisasi organisasi atau garis besar kebijakan Fans Club Supporter di Indonesia, tetapi bertujuan untuk mencapai Cita-cita Positif bersama yaitu Perdamaian dan Persaudaraan Antar Supporter di Indonesia.
7. CORNEL Menyepakati bahwa Gerakan Moral Persahabatan & Persaudaraan antar supporters harus dimulai dikalangan Netter sehingga bermuara pada suasana yang damai dan kondusif dikalangan Fans Club serta Supprters “Grass Root”.
[ad#link_unit]
Pada pertemuan ke 2 CORNEL (Senayan,18-Juni-2006) dihadiri perwakilan dari Bobotoh (PERSIB Bandung), dan dari SNEX (PSIS Semarang), serta berhasil menyusun Kepengurusan yang lebih lengkap, yaitu sebagai berikut ;

Sekretaris Ketua : “Saat ini belum terisi”
Bendahara : Benisabo (Bobotoh) PERSIB Bandung
Humas : K.Sodikin (Bobotoh) PERSIB Bandung
Moderator Forum CORNEL :
Rizky Milano (TheJak) PERSIJA Jakarta
Eko (PSCS) PSIS Semarang
K.Sodikin (Bobotoh) PERSIB Bandung

Program jangka pendek dari CORNEL adalah segera Merampungkan AD/ART CORNEL dan membentuk CORNEL didaerah seperti Joglosemar,Bandung Raya, Surabaya, Malang..dan daerah lainnya.
Program jangka panjang dari CORNEL sendiri adalah Menciptakan Komunikasi yang baik antar supporter sehingga dapat terjalin Persaudaraan & Persahabatan di antara Supporter Tanah Air…

Untuk semua supporters di tanah air, kami tunggu partisipasi & sumbangsihnya untuk berperan aktif menciptakan & menjaga persaudaraan serta persahabatan antar supporters…di tanah air.

19 Juni 2006
Hormat kami,

K.Sodikin
Humas CORNEL
[ad#kumpulblogger]