Setelah memastikan lolos ke semifinal setelah pertandingan terakhir persebaya berhasil menahan imbang tanpa gol 0-0 dengan tuan rumah persisam samarinda, dan menduduki peringkat kedua group K , dikarenakan persebaya unggul dalam selisih Gol dengan saingan mereka yakni Mitra Kukar yang dipertandingan terakhir mampu ditahan imbang oleh persigo Gorontalo yang sejatinya sudah tidak memiliki peluang tampil di semifinal.

Di semifinal nanti yang kemungkinan dijadwalkan pada tanggal 26 Mei 2009 persebaya kembali akan berjumpa dengan persema malang, bukan kali pertama persebaya bertemu dengan tim asal kota malang tersebut karena persebaya satu wilayah dengan persebaya berada di wilayah timur group divisi utama tahun ini. rekor ketemu kedua tim cukup berimbang yakni satu kalah satu kali menang, ketika persebaya di putaran pertama lalu bisa unggul 6-1 sedangkan di putaran kedua persebaya harus takluk 1-0 di malang. [ad#ijo]

Persebaya akan di jadwalkan bermain di semifinal di samarinda melawan persema malang, sedangkan tim semifinalis lainnya akan mempertemukan PSPS pekan baru menghadapi Persisam Samarinda. hal yang sama persisam maupun PSPS merupakan satu tim dari group wilayah barat, sungguh partai dimana kedua kesebelasan sama sama mengerti karakter permainan dan kelemahan satu sama lain.

Hal yang mungkin sedikit menguntungkan kubu Green Force Persebaya yakni akan ditunjuknya kembali samarinda menjadi host babak semifinal nanti. dimana persebaya sudah banyak  beradaptasi dengan lapangan samarinda atau atmosfir sepakbola di samarinda, sedangkan lawan tandingnya di semifinal nanti yakni persema malang sama sekali belum pernah menginjakkan kaki nya di samarinda selama putaran pertama maupun putaran kedua divisi utama kali ini karena beda group.
[ad#link_unit]
Apalagi diperkirakan pertandingan semifinal divisi utama kali ini akan lebih menarik dari sebelumnya bagaimana kedua partai ini dalam keempat tim sudah pernah bertemu dan satu group di wilayahnya masing masing. jadi paling tidak mengerti kelemahan dan karakteristis permainan tim tersebut. bagaimana dijadwalkan semifinal akan berlangsung pada tanggal 26 mei nanti yakni mempertemukan Persisam vs PSPS dan Persebaya vs Persema Malang.
[ad#kumpulblogger]