Laga Kompetisi Divisi Satu Liga Indonesia yang akan dimulai tanggal 23 Juni tampaknya belum mendapat respon dari sebagian besar peserta. Buktinya, dari 66 peserta yang meramaikan kompetisi level tiga di kancah sepak bola nasional bergengsi itu, baru 21 tim yang menyatakan ikut.

Direktur Kompetisi Badan Liga Amatir (BLA) M Achwani mengatakan, animo peserta kompetisi Divisi Satu Liga Indonesia tahun ini sangat turun drastis.
[ad#link_unit]
“Sepanjang sejarah kompetisi divisi satu digelar, baru tahun ini animo peserta sangat menurun. Buktinya, dari 66 peserta yang terdaftar, baru 21 klub yang sudah menyatakan keikutsertaannya,” ungkapnya ditemui di Sekretariat BLA di Komplek Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (19/5).

Dikatakannya, kurangnya minat peserta untuk mendaftar ulang ini salah satu alasannya adalah pemberitaan yang menyatakan bahwa APBD tidak lagi membiayai tim yang ada di daerahnya.

“Pemberitaan ini sebenarnya menyesatkan. Selama ini yang diberitakan tidak akan didanai oleh APB adalah tim profesional, seperti klub peserta Liga Super, tetapi kalau tim amatir seperti peserta divisi satu ini sah-sah saja jika mendapat pendanaan dari APBD,” paparnya.

Menurutnya, tim peserta divisi satu itu sifatnya masih amatir, sehingga bisa mendapat bantuan dari APBD. Pasalnya, hal tersebut sudah tertera dalam undang-undang keolahragaan, bahwa atlet atau klub amatir bisa mendapat bantuan dari APBD selama itu dirasa perlu dibantu.

Meski baru 21 tim yang sudah menyatakan diri ikut, Achwani mengatakan bahwa pihaknya masih memberi waktu kepada peserta lainnya yang belum mendaftar. “Kami masih memberi kesempatan kepada peserta untuk menyatakan keikursertaannya hingga tanggal 31 Mei mendatang,” katanya.

Sementara itu, BLA diakui sudah menetapkan tanggal 15 Juni 2009, sebagai batas akhir pendaftaran pemain yang akan membela klubnya di Kompetisi Divisi Satu Liga Indonesia. “Kami menetapkan tanggal 31 Mei batas akhir pendaftaran keikutsertaan tim, sedangkan tanggal 15 Juni untuk pendaftaran akhir pemain yang akan berlaga di divisi satu nanti,” jelasnya.

Hingga saat ini, diakuinya baru satu tim yang sudah memasukkan daftar pemainnya di Komptisi Divisi Satu mendatang. Tim tersebut adalah Muaro Jambi.

21 tim yang sudah menyatakan keikutsertaannya:

1. PS Bank Sumsel
2. PSCS Cilacap
3. Persebi Boyolali
4. Persebi Bima
5. Perserui Serui
6. Yahukio FC
7. Persipal Palu
8. PSLS Lhokseumawe
9. PSAB Aceh Besar
10. Persid Jember
11. PSBK Kota Blitar
12. PSB Bandar Lampung
13. Pesik Kuningan
14. PSKT Tomohon
15. Jakarta Timur FC
16. Muaro Jambi
17. PS Barito Putra Banjarmasin
18. PSIB Bengkalis
19. Persipon Pontianak
20. Gaspa Palopo
21. PS IDI Nangroe Aceh Darusallam [oro/kompas]

Foto from http://menteridesainindonesia.blogspot.com
[ad#ijo]