Roma – Lazio akan memperlakukan final Coppa Italia musim ini sebagai pertandingan yang maha penting. Pelatih Delio Rossi mengibaratkannya sebagai berdiri di antara surga dan neraka.

Lazio akan menghadapi Sampdoria di laga puncak Coppa Italia, Kamis (14/5/2009) dinihari WIB. Bagi tim ‘biru langit’, laga ini merupakan kesempatan untuk mengukir prestasi pada musim ini sekaligus menebus penampilan mengecewakan di Seri A.
[ad#ijo]
“Memenangi piala merupakan hal yang penting bagi para pemain, bagi tim, dan juga bagi suporter. Sebab sudah lama kami hanya menjadi penonton ketika tim-tim lain melakukannya,” tukas Rossi dikutip dari Channel4.

Laga ini akan mentas di Stadion Olimpico, Roma. Seharusnya keuntungan akan menjadi milik Mauro Zarate cs karena pendukungnya pasti akan lebih dominan. Namun, Rossi menyatakan hal sebaliknya. Sebab, para Laziale justru sering mencibir timnya ketika tampil di Olimpico.

Pria yang menukangi Lazio sejak tahun 2005 ini mengingatkan anak-anak asuhnya bahwa tekanan lebih berat justru akan mereka hadapi. “Jika Anda menang maka Anda akan terangkat ke surga, jika kalah maka Anda akan jatuh ke neraka,” seru Rossi.

“Sang juara adalah mereka yang mampu bermain dengan kepala dingin dan hati yang berapi-api. Tentu saja, tekanan lebih tinggi akan menerpa kami dan saya yakin bahwa Sampdoria akan memanfaatkan kondisi ini untuk mengambil inisiatif serangan,” tutupnya.

Tim berlambang burung elang itu melaju ke final dengan menyingkirkan tim-tim papan atas seperti AC Milan dan Juventus. Sementara itu di Seri A, kedua tim telah dua kali bertemu dan hasilnya saling mengalahkan. Lazio mengatasi Sampdoria 2-1 di Olimpico, September 2008. I Blucerchiati balik menekuk Biancoceleste 3-1 di Luigi Ferraris, akhir Januari silam.
( krs / key )