JAYAPURA – Persipura Jayapura hanya butuh satu kemenangan untuk memastikan gelar juara Liga Super Indonesia 2008-2009. Peluang sangat terbuka karena mereka akan melawan tim lemah Deltras Sidoarjo di Stadion Mandala, Jayapura, Senin (12/5/2009).

Persipura saat ini sudah unggul 10 poin di atas pesaing utama Persiwa Wamena. Dengan sisa lima pertandingan, akan mustahil Persipura terkejar jika mereka mendapat suntikan tiga poin penuh melawan Deltras.

“Kami masih menghitung kemungkinan terburuk, yakni kalah terus dan Persiwa menang terus sehingga gelar juara gagal diraih. Makanya, kami akan tetap fokus hingga kompetisi selesai,” kata Pelatih Persipura Jacksen F Tiago.

Mutiara Hitam bakal tampil dengan kekuatan penuh melwan Deltras. Modal kemenangan 5-0 melawan PSM sangat berarti untuk mengangkat moral bertanding Eduard Ivakdalam dkk. Selain itu, mereka juga memiliki rekor sempurna selalu menang dalam 13 kali tampil di kandang.

Deltras sendiri tidak punya pilihan lain kecuali tampil habis-habisan untuk mengejar poin. Maklum, the lobsters masih berkutat di papan bawah klasemen dan menjadi kandidat kuat terdegradasi ke divisi utama musim 2009-2010. Jika ingin selamat, pasukan Zein Alhadad harus bisa memaksimalkan enam sisa pertandingan dengan kemenangan.

Deltras sebenarnya masih punya peluang naik karena hanya kalah dua poin diatas Persita, PKT, dan PSMS. Sedangkan jarak dengan juru kunci PSIS Semarang hanya angka angka. Deltras mengumpulkan 22 poin sedangkan PSIS 19 poin. (fmh)