Semangat Nasionalisme yang Terwujud dari Tendangan Bola


Garuda di dadaku .. Garuda kebanggaanku
Kuyakin hari ini pasti menang..
Kobarkan semangatmu .. tunjukkan mobilitasmu
Kuyakin hari ini pasti menang…

Begitulah hymne yang sering kita dengar di lapangan sepakbola kala menyaksikan Timnas Indonesia bertanding melawan negara lain. Terinspirasi dari sebuah lagu yang berasal dari Maluku, soundtrack yang berjudul sama dengan filmnya, Garuda di Dadaku ini memang mampu membuat penonton merasakan semangat nasionalisme yang membakar dada.

Dengan balutan lagu yang diusung film garapan Ifa Isfansyah diharapkan bisa memicu semangat para pelaku dan pendukung olah raga yang identik dengan perkelahian ini untuk dapat berlaku lebih sportif lagi. Seperti pada penggalan lirik lagu yang dinyanyikan Netral, “Ayo putra bangsa harumkan negeri ini, jadikan kita bangga Indonesia, jayalah negaraku tanah air tercinta Indonesia Raya, jayalah negaraku tanah air tercinta Indonesia”.

Dalam film ini Salman Aristo sang penulis naskah ingin menggambarkan dunia persepakbolaan di negeri kita dari perspektif yang positif. Menyampaikan pesan bahwa sepakbola ternyata tidak semengerikan seperti yang terlihat dengan banyaknya tawuran di hampir setiap pertandingan.

Buat para orangtua, bersiap-siaplah setelah menonton film ini anak-anak anda akan meminta untuk segera masuk ke Sekolah Sepak Bola (SSB